KPKNL Kupang
BERITA UTAMA
KPKNL Kupang melelang barang rampasan berupa 1 unit mobil merk Cadillac jenis sedan series 62 keluaran tahun 1957.
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Tidak ada konten kilas peristiwa.
Profil KPKNL Kupang

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kupang merupakan instansi Vertikal dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kantor Wilayah DJKN Bali dan Nusa Tenggara.

KPKNL Kupang berkedudukan di Kota Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berada di Pulau Timor, termasuk dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil (Lesser Sunda Islands). Lokasi KPKNL Kupang mudah dijangkau karena di kawasan pengembangan Kota Kupang (Walikota Baru), dan berkantor di Lantai IV Gedung Keuangan Negara, Jalan Frans Seda, Kota Kupang, + 10 km arah barat dari Bandara El Tari dan + 8 km arah tenggara pusat Kota Kupang.

Wilayah kerja KPKNL Kupang memiliki beberapa keunikan tesendiri karena :

  • Berbatasan langsung dengan 2 (dua) negara berdaulat, yaitu dengan Timor Leste di sebelah Timur Kabupaten Belu dan sebelah Utara Kabupaten Timor Tengah Utara di Pulau Timor, dan Samudera Hindia sebelah Tenggara Pulau Dana (Ndana) Kabupaten Rote Ndao yang berhadapan dengan Australia.
  • Wilayah kerja KPKNL Kupang meliputi seluruh Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdiri dari 1.192 pulau besar maupun pulau kecil yang terbagi menjadi 22 Kabupaten/Kota. Adapun pulau-pulau besar antara lain Kepulauan Flores-Adonara, Pulau Timor, Pulau Sumba, Kepulauan Alor-Pantar, Kepulauan Lomblen Solor, Kepulauan Rote Ndao dan Kepulauan Sabu-Raijua. Sehingga sering mendapat julukan sebagai “Indonesia Mini”.  

Dengan wilayah kerja yang sangat luas, pada saat ini KPKNL Kupang memiliki SDM sebanyak 33 pegawai, sedangkan jumlah satker yang menjadi mitra kerja KPKNL Kupang adalah sebanyak 705 satker. Luasnya wilayah kerja, banyaknya jumlah satker serta terbatasnya jumlah pegawai justru menjadi tantangan dan pemacu semangat para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder.

Dalam  rangka membangun semangat, motivasi dan memberikan arah kepada seluruh pegawai KPKNL Kupang untuk mencapai visi dan misi DJKN, KPKNL Kupang tergerak untuk mengambil Motto melayani dengan “KASIH”, sehingga setiap pegawai KPKNL Kupang, diharapkan untuk dapat mampu melayani publik dengan semangat :

K-Kredibel yaitu memberikan pelayanan baik dan terpercaya.

A-Akuntabel yaitu memberikan pelayanan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik sebagai stakeholder (pengguna jasa).

S-Simpatik yaitu memberikan pelayanan dengan keramah-tamahan, busana yang rapi dan bersih, jiwa dan raga yang sehat, suasana kantor yang nyaman yang berorientasi pada kepuasan pengguna jasa (customer care);

I-Integritas yaitu memberikan pelayanan dengan penuh kejujujuran, kehati-hatian dan selalu menjaga kekompakan kantor, sehingga sistem kerja yang bersinergi saling mendukung guna kelancaran pelaksanaan tugas;

H-Handal yaitu memiliki kemauan untuk mengembangkan diri secara kontinyu, mengasah kemampuan diri sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik, sesuai dengan dinamika kamajuan teknologi dan tugas dan fungsi (tusi) kita.

Organisasi Kantor
KPKNL Kupang saat ini dipimpin oleh Syamsudin yang dalam tugas kesehariannya dibantu oleh 7 orang Pejabat Eselon IV dan 33 orang pegawai yang dengan komposisi menurut strata pendidikan terdiri atas Strata 1 (S1) 16 orang, Diploma III (DIII) 8 orang, Diploma I 1 orang dan SLTA 8 orang. Pejabat/pegawai yang memiliki kualifikasi jabatan fungsional terdiri dari dua orang Bendaharawan, sepuluh orang Penilai dua orang Juru Sita dan empat orang Pejabat Lelang.

Sebagai implementasi layanan unggulan KPKNL Kupang, terdapat Area Pelayanan Terpadu untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para stakeholder. Agar lebih memberikan kenyamanan kepada para stakeholder baik bidang pengelolaan Kekayaan Negara, Penilaian, Piutang Negara dan Lelang, ruang APT dilengkapi dengan fasilitas dan sarana pendukung layanan  Nomor Antrian Digital, CCTV, Kios K (LCD Media), Televisi dan layanan informasi melalui koran/majalah.

Capaian Kinerja dan Prestasi Lainnya

Di bawah kepemimpinan Syamsudin sejak Juni 2013, berdasarkan evaluasi kinerja tahun 2013, seluruh Indikator Kinerja Utama (IKU) Kemenkeu Three Kantor Pelayanan Negara dan Lelang (KPKNL) Kupang Tahun 2013, yaitu sebanyak 24 (dua puluh empat) IKU memperoleh hasil maksimal dengan persentase capaian kinerja 100% atau lebih. Bahkan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Kupang tahun 2013 mencapai 117,86%, merupakan yang tertinggi di lingkungan Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara.
Dibidang sertifikasi BMN, tahun 2013 dan 2014 dapat selesai 100%, hal ini merupakan buah dari koordinasi yang intensif antara KPKNL, Kantor Pertanahan dan Satker terkait.

Dengan para stakeholder, KPKNL Kupang selalu intensif menjalin komunikasi dan koordinasi, terus memberikan bimbingan/bantuan teknis dan memberikan solusi terhadap permasalahan para stakeholder. KPKNL Kupang pada beberapa kesempatan mendapatkan undangan untuk menjadi narasumber pada acara yang diselenggarakan oleh mitra kerja. Selain itu, KPKNL Kupang juga menjalin hubungan dengan Pemerintah Daerah, dalam rangka penyusunan LKPD.

Olah Raga
Selain dari segi prestasi capaian kinerja atas pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa, KPKNL Kupang juga mempunyai prestasi lainnya dalam bidang olahraga. Prestasi tersebut diperoleh dari kompetisi yang diselenggarakan di lingkup Kementerian Keuangan se-Provinsi NTT diantaranya yaitu Juara II Turnamen Futsal Tahun 2012, Juara III Turnamen bola Volly Tahun 2013. Dalam rangka menyambut Sewindu DJKN di tahun 2014 telah diadakan berbagai macam perlombaan di tingkat Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara dan KPKNL Kupang sukses meraih Juara I Tenis Meja, Juara II Cerdas Cermat, Juara II Catur dan Juara III Bola Volley. Sedangkan dalam rangka Hari Keuangan ke 68 tahun 2014 meraih juara I Futsal, juara II Fashion Show, Juara III menyanyi wanita, juara III Volley dan penari Ja’i terbaik.

Sebagai wujud kepedulian sosial, setiap tahun para pegawai KPKNL Kupang rutin mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia.

Keunikan dan Keindahan Alam Nusa Tenggara Timur
Wilayah kerja KPKNL Kupang meliputi seluruh wilayah Provinsi NTT, terdiri dari 1.192 pulau dengan luas wilayah ± 240 ribu kilometer dimana luas daratan hanya 40 ribu kilometer dan sisanya berupa lautan, menempatkan NTT sebagai propinsi kepulauan yang memiliki keanekaragaman suku, bahasa, adat, seni, budaya dan lingkungan alam yang unik, sehingga menjadi pengalaman yang khas ketika bertugas di wilayah KPKNL Kupang. Pengalaman akan keunikan dan kenekaragaman ini dapat meningkatkan rasa cinta pada negeri dan menumbuhkan rasa solidaritas pada sesama anak bangsa untuk bekerja, membangun dan maju bersama-sama.
Keindahan alam, baik daratan maupun lautan Nusa Tenggara Timur sangat luar biasa. Terdapat beberapa obyek wisata yang telah mendunia, antara lain Pulau Komodo dengan binatang purbanya di Kabupaten Manggarai Barat, Danau Kelimutu (danau 3 warna) di Kabupaten Ende, Rumah Adat Wairebo di Kabupaten Manggarai Timur yang diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia, Pantai Nembrala di Pulau Rote yang berhadapan langsung dengan Australia menjadi surga bagi peselancar dunia. Tak kalah unik, ada Pasolla/perang berkuda di Pulau Sumba. Sedangkan untuk  wisata rohani ada Semana Santha di Larantuka.

 

 


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Kupang
Alamat Kantor
Jl. Frans Seda Gedung Keuangan Negara Lt. 4 Kupang - NTT - 85228
(0380) 825120
(0380) 823505
kpknlkpg@gmail.com