Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai

Permohonan Informasi PPID

Selasa, 07 Januari 2014 pukul 13:48:11

Prosedur Permohonan Informasi Publik Pada Perangkat PPID DJKN


1.        Pemohon menyampaikan permohonan Informasi Publik kepada Perangkat PPID DJKN melalui:

Surat                                    :  Sesuai alamat Perangkat PPID DJKN

                                                PPID Tk. I         Direktur Hukum dan Humas, Kantor Pusat DJKN

                                                PPID Tk. II        Kepala Kanwil DJKN seluruh Indonesia

                                                PPID Tk. III       Kepala KPKNL seluruh Indonesia

Surat Elektronik (email      :  ppid.djkn@kemenkeu.go.id

Datang Langsung                 :  melalui walk-in Area Pelayanan Terpadu (APT) Perangkat PPID DJKN

Adapun untuk kontak dan alamat rinci seluruh Perangkat PPID DJKN dapat diakses melalui tautan berikut <<disini>>


2.     Dalam mengajukan permohonan Informasi Publik, Pemohon diwajibkan mengisi Formulir Registrasi Permohonan Informasi Publik dan melengkapi identitas yang sah. Dalam hal Pemohon adalah perseorangan diwajibkan untuk menyertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dapat membuktikan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Apabila Pemohon adalah Badan Hukum diwajibkan menyertakan fotokopi Anggaran Dasar/Akta Pendirian yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM;


3.     Petugas Informasi pada Perangkat PPID DJKN melakukan verifikasi atas berkas kelengkapan permohonan Informasi Publik. Setelah dinyatakan lengkap, Petugas Informasi pada Perangkat PPID DJKN memberikan Nomor Registrasi Pendaftaran Informasi Publik dan memberikan fotokopi berkas kelengkapan permohonan Informasi Publik kepada Pemohon;


4.     Atas permohonan Informasi Publik yang diterima dan dinyatakan lengkap, Perangkat PPID memproses permohonan Informasi Publik dengan memberikan tanggapan tertulis kepada Pemohon dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja. Dalam hal Perangkat PPID DJKN membutuhkan tambahan waktu dalam memberikan tanggapan permohonan Informasi Publik, Perangkat PPID DJKN dapat melakukan perpanjangan waktu hingga 7 (tujuh) hari kerja dengan menyampaikan surat pemberitahuan perpanjangan tanggapan permohonan Informasi Publik kepada Pemohon;

 

5.     Pemohon Informasi Publik menerima pemberitahuan tertulis dan tanggapan dari Perangkat PPID DJKN paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan dan dapat diperpanjang 7 (tujuh) hari kerja.



Prosedur Permohonan Keberatan dan Sengketa Informasi Publik


1.     Pemohon menerima penjelasan tertulis atas permohonan Informasi Publik yang dimohonkan. Pemohon dapat mengajukan permohonan Keberatan Informasi Publik selambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja setelah tanggapan tertulis Perangakat PPID;


2.     Pemohon dalam mengajukan permohonan Keberatan Informasi Publik diwajibkan mengisi Formulir Keberatan Informasi Publik dan memenuhi persyaratan (fotokopi KTP/Surat Kuasa/Bukti Pengesahan Badan Hukum) yang ditujukan kepada Atasan PPID Tk. I dalam hal ini adalah Direktur Jenderal Kekayaan Negara pada Kantor Pusat DJKN;


3.    Pemohon menyampaikan permohonan Keberatan Informasi Publik kepada Perangkat PPID DJKN melalui:

Surat                                    :  Sesuai alamat Perangkat PPID DJKN

                                                PPID Tk. I         Direktur Hukum dan Humas, Kantor Pusat DJKN

                                                PPID Tk. II        Kepala Kanwil DJKN seluruh Indonesia

                                                PPID Tk. III       Kepala KPKNL seluruh Indonesia

Surat Elektronik (email      :  ppid.djkn@kemenkeu.go.id

Datang Langsung                 :  melalui walk-in Area Pelayanan Terpadu (APT) Perangkat PPID DJKN

Adapun untuk kontak dan alamat rinci seluruh Perangkat PPID DJKN dapat diakses melalui tautan berikut <<disini>>


4.    Petugas Informasi pada Perangkat PPID DJKN melakukan verifikasi atas berkas kelengkapan permohonan Keberatan Informasi Publik. Setelah dinyatakan lengkap, Petugas Informasi pada Perangkat PPID DJKN memberikan Nomor Registrasi Pendaftaran Keberatan Informasi Publik;


5.     Atasan PPID Tk. I DJKN cq. Direktur Jenderal Kekayaan Negara dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sejak permohonan Keberatan InformasiPublik diterima oleh petugas informasi, memiliki kewajiban untuk memberikan tanggapan tertulis kepada Pemohon;


6.     Dalam hal Pemohon tidak puas atas tanggapan Keberatan Informasi Publik yang diterbitkan oleh Atasan PPID Tk. I, Pemohon dapat mengajukan Sengketa Informasi Publik kepada Komisi Informasi Pusat.



Prosedur Permohonan Penyelesaian Sengketa Informasi Publik

(Sesuai Pasal 37 dan Pasal 38 UU Nomor 14 Tahun)


1.     Upaya penyelesaian Sengketa Informasi Publik diajukan kepada Komisi Informasi apabila tanggapan Atasan PPID Tingkat I DJKN dalam proses Keberatan Informasi Publik tidak memuaskan Pemohon Informasi Publik;


2.    Upaya penyelesaian Sengketa Informasi Publik diajukan dalam kurun waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya tanggapan tertulis dari Atasan PPID Tingkat I DJKN;


3.    Komisi Informasi harus memulai mengupayakan penyelesaian Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi Nonlitigasi paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah menerima permohonan penyelesaian Sengketa Informasi Publik;


4.    Proses penyelesaian Sengketa Informasi Publik paling lambat dapat diselesaikan dalam waktu 100 (seratus) hari kerja.



Resume Alur Pengelolaan Layanan Informasi Publik 




(buka gambar disini)



Formulir Permohonan Informasi Publik Pada Perangkat PPID DJKN



PPID Tk. I     (Download)

PPID Tk. II    (Download)

PPID Tk. III   (Download)



Formulir Keberatan Informasi Publik Pada Perangkat PPID DJKN


PPID Tk. I     (Download)

PPID Tk. II    (Download)

PPID Tk. III   (Download)



WAKTU LAYANAN


Jam Layanan Informasi Publik pada Perangkat PPID DJKN

Senin s.d. Jumat   -   08.00 s.d. 15.00 WIB


Waktu Istirahat Layanan Informasi Publik pada Perangkat PPID DJKN

Senin s.d. Kamis  -   12.05 s.d. 13.00 WIB

Jumat                    -    11.30 s.d. 13.15 WIB



BIAYA DAN TARIF LAYANAN


Layanan Informasi Publik di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan tidak dipungut biaya, kecuali untuk informasi yang telah ditentukan biayanya sesuai dengan peraturan perundangan mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).


Adapun untuk biaya penggandaan atau perekeman yang timbul dari Permohonan Informasi Publik ditanggung dan menjadi tanggung jawab Pemohon Informasi Publik.




Tanggal ditulis : Selasa, 07 Januari 2014 pukul 13:48:11
Terakhir diedit : Jum'at, 23 April 2021 pukul 14:08:39
Statistik Pengunjung
Pengunjung online
23
Hari ini
0
Kemarin
0
Bulan ini
0
Tahun ini
0
Total
0
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |