Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Manado
BERITA UTAMA
Manado (24/03/2022) – Tim Jabatan Fungsional (Jafung) Penilai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2022 telah melaksanakan penilaian atas permohonan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreat
e-Auction DJKN
Info Lelang
Profil KPKNL Manado

KPKNL Manado berada di Lantai IV Gedung Keuangan Negara Manado yang beralamat di jalan Bethesda Nomor 6-8 Kota Manado, Sulawesi Utara. Kantor ini memiliki sarana dan prasarana bangunan yang modern serta taman yang terawat sehingga memberikan suasana kenyamanan kepada para pegawai dan stakeholders.


Kantor ini juga memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang tusi Kementerian Keuangan khusunya DJKN antara lain ruangan pegawai semi open space, APT,ruangan e-auction, aula, ruang rapat dan ruang LPSE.


KPKNL Manado dipimpin oleh Rofiq Manshur S.E., M.M. Kepala Kantor sejak Juni 2019. Dalam menjalankan tugasnya, Kepala Kantor dibantu oleh 1 Subbagian Umum, 4 Kepala Seksi dan Pejabat Fungsional. Adapun struktur organisasi KPKNL Manado sebagai berikut:

  1. Kepala Kantor                                         : Rofiq Manshur
  2. Subbagian Umum                                  : Muh. Syaiful L. (Plt Kasubbag. Umum)
  3. Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara  : Ahmad Endang
  4. Seksi Piutang Negara                             : Ahmad Endang
  5. Seksi Hukum dan Informasi                 : Muh. Syaiful L.
  6. Seksi Kepatuhan Internal                     : Ari Santosa
  7. Kelompok Jabatan Fungsional   

KPKNL Manado memiliki 36 (tiga puluh enam) pegawai yang meliputi 1 (satu) orang Kepala Kantor, 4 (empat) orang Kepala Seksi/Subbagian Umum, 4 (orang) orang Pejabat Fungsional Pelelang, 4 (empat) orang Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah, 1 (satu) orang Pejabat Fungsional Pranata APBN dan 22 (dua puluh dua) orang pelaksana, serta didukung 7 (tujuh) orang PPNPN.

KPKNL Manado memiliki wilayah kerja yang luas meliputi seluruh wilayah Sulawesi Utara yang terdiri dari:  Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Siao Tagulandang Biaro, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.


KPKNL Manado mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang. KPKNL Manado menyelenggarakan fungsi:

  1.  inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara;
  2. registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;
  3. pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;
  4. pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara;
  5. pelaksanaan pelayanan penilaian;
  6. pelaksanaan pelayanan lelang;
  7. penyaJian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;
  8. pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;
  9. verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan
  10. pelaksanaan administrasi KPKNL.

Sebagai wujudi mplementasi budaya Kementerian Keuangan, KPKNL Manado rutin mengadakan kegiatan bersama yaitu satu informasi setiap hari yang dilakukan setiap hari kamis dalam kegiatan kamis belajar.Seluruh pegawai KPKNL Manado berkumpul di Aula Rapat yang dipimpin langsung oleh kepala KPKNL Manado.

Wilayah Kerja

1.     Kota Manado

2.     Kota Bitung

3.     Kota Tomohon

4.     Kota Kotamobagu

5.     Kabupaten Bolaang Mongondow

6.     Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

7.     Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

8.     Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

9.     Kabupaten Minahasa

10.   Kabupaten Minahasa Selatan

11.   Kabupaten Minahasa Utara

12.   Kabupaten Minahasa Tenggara

13.   Kabupaten Kepulauan Talaud

14.   Kabupaten Kepulauan Siao Tagulandang Biaro

15.   Kabupaten Kepulauan Sangihe


Untuk memotivasi seluruh pegawai dalam mewujudkan visi dan misi yang diemban, KPKNL Manado mempunyai motto yaitu BERCAHAYA yang merupakan singkatan dari: “Bersih, Cepat, Humanis, dan Nyaman”

Kata BERCAHAYA merupakan kepanjangan dari beberapa nilai yang mendasari pelayanan pada
KPKNL Manado, yaitu: 

1.     Bersih, yang memiliki arti bahwa KPKNL Manado dalam melayani harus BERSIH dari hal-hal tercela seperti korupsi, kolusi, nepotisme, dll. Dari aspek pribadi tiap pegawai terjauh dari hal-hal negatif dan secara aspek gedung kantor yang bersih dan nyaman untuk pemangku kepentingan.

2.     Cepat, yang menandakan bahwa pelayanan KPKNL Manado diikuti dengan energi yang meluap-luap serta cepat. Memiliki arti penting bahwa KPKNL Manado memiliki tugas memberikan kenyamanan dengan memberikan pelayanan yang CEPAT.

3.     Humanis, yang memiliki arti bahwa sesuai prinsip hidup orang Minahasa melalui kutipan Dr. Sam Ratulangi dalam bukunya, yaitu “Si Tou Timou, Tumou Tou” yang berarti manusia baru dapat disebut sebagai manusia jika sudah dapat memanusiakan manusia.

4.     Nyaman, yang memiliki arti penting bahwa KPKNL Manado memiliki tugas untuk memberikan keNYAMANan kepada setiap pemangku kepentingan baik dari luar dan dalam.

 

Inovasi Layanan KPKNL Manado

Adapun peningkatan layanan yang kami berikan dari SOP standard layanan KPKNL Manado adalah

  1.        Penetapan Standar Pelayanan Permohonan Lelang secara Online (aplikasi lelang) menjadi 2 (dua) hari kerja sejak permohonan lelang online telah diterima oleh Tim Verifikator Aplikasi Lelang
  2.         Percepatan Penerbitan Penetapan Status Penggunaan BMN dari SOP 5 (lima) hari kerja menjadi 2 (dua) hari kerja
  3.         Percepatan Penerbitan Kutipan Risalah Lelang untuk Pembeli dari SOP 1 (satu) hari kerja menjadi ­same-day apabila permohonan masuk sebelum jam 15.00 Wita.
  4.         Percepatan Penyampaian Salinan Risalah Lelang Tidak Ada Penawaran (TAP) dari SOP 1 (satu) hari kerja menjadi same-day.
  5.         Penetapan Standar Pelayanan Penilaian BMN dalam Rangka Pemindahtanganan menjadi 10 (sepuluh) hari kerja sejak tanggal terakhir survei lapangan

Alamat Kantor : 

Jl. Bethesda No. 6-8 Gedung Keuangan negara Lt. 4 Manado – 95114 (0431) 860255, 860083

Alamat email : kpknlmanado@kemenkeu.go.id

SIJAPRI – 0878-6030-0501

Pengaduan : kpknlmanado.ki@gmail.com 



Wilayah Kerja
1. Kota Manado
2. Kota Bitung
3. Kota Tomohon
4. Kota Kotamobagu
5. Kabupaten Bolaang Mongondow
6. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
7. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
8. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
9. Kabupaten Minahasa
10. Kabupaten Minahasa Selatan
11. Kabupaten Minahasa Utara
12. Kabupaten Minahasa Tenggara
13. Kabupaten Kepulauan Talaud
14. Kabupaten Kepulauan Siao Tagulandang Biaro
15. Kabupaten Kepulauan Sangihe
Prestasi KPKNL Manado
Persentase Tertinggi untuk Optimalisasi Kesesuaian Penggunaan BMN dengan SBSK dan Jumlah Tindak Lanjut Persetujuan Pengelolaan Kekayaan Negara Terbanyak Tahun 2021 di Lingkungan Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Peringkat I IKPA 2021 Terbaik dalam kategori Satker dengan Pagu sampai dengan Rp5 Miliar dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Unit Kerja Pelayanan Berpredikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Pada Tahun 2021 dari KemenpanRB
Peta Lokasi KPKNL Manado
Alamat Kantor
Jl. Bethesda No. 6-8 Gedung Keuangan negara Lt. 4 Manado - 95114
(0431) 860255
(0431) 860255
kpknlmanado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini