KPKNL Manado
BERITA UTAMA
Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), KPKNL Manado melakukan kegiatan Kamis Belajar sebagai ajang bagi para pegawai untuk memperbaharui ilmu dan pengetahuan yang dimiliki
Profil KPKNL Manado

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado merupakan unit pelayanan di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang di wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Dalam melaksanakan tugasnya, KPKNL Manado selalu menjunjung tinggi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna layanan.

            

KPKNL Manado terletak di Kota Manado yang merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Utara sendiri merupakan salah satu provinsi di wilayah Indonesia Sulawesi Utara terletak di jazirah utara Pulau Sulawesi atau tepatnya 0°LU – 3°LU dan 123°BT – 126°BT serta merupakan salah satu daerah yang terletak di sebelah utara garis khatulistiwa.  Provinsi ini memiliki luas wilayah 15.069 km² dengan persentase 0,72% terhadap luas Indonesia yang terdiri dari 11 (sebelas) Kabupaten dan 4 (empat) Kota. Batas-batas administratif Provinsi Sulawesi Utara meliputi Laut Sulawesi, Samudra Pasifik dan Filipina (Utara), Laut Maluku (Timur), Teluk Maluku (Selatan) dan Provinsi Gorontalo (Barat). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Silawesi Utara memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.771.159 jiwa dengan kepadatan peduduk sebanyak 200,05 jiwa/km².

Saat ini KPKNL Manado dipimpin oleh Kepala KPKNL Rofiq Manshur dibantu oleh Zulianik selaku Kasubbag Umum, Ahmad Endang Hidayat selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Edy Saifrudin selaku Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Gunardi selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Vera Johana Lukas selaku Kepala Seksi Piutang Negara, Danar Setyanto selaku Kepala Seksi Hukum dan Informasi, dan Ari Susanto selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal. 

KPKNL Manado memiliki 33 (tiga puluh tiga) pegawai yang meliputi 1 (satu) orang Kepala Kantor, 7 (enam) orang Kepala Seksi/Subbag, 1 (satu) orang Pejabat Fungsional Pelelang dan 25 (dua puluh lima) orang pelaksana. 

Lokasi KPKNL Manado berada di Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado lantai 4 yang beralamat di Jalan Bethesda Nomor 6-8, Kelurahan Sario Baru, Kecamatan Sario, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. 

Ruang front office yang nyaman dan ber-AC terdiri dari 2 (dua) meja konsultasi, area ruang tunggu yang dilengkapi dengan fasilitas televisi dan koran/majalah, meja pelayanan, fasilitas free wi-fi dan free charging dan toilet. Sosial Media KPKNL Manado untuk berbagi informasi kepada publik antara lain Instagram "@kpknlmanado" dan Facebook "Kpknl Manado".

Selain itu di area pelayanan publik dapat ditemui dengan mudah petunjuk : Nilai-nilai Kementerian  Keuangan, Visi dan Misi DJKN, brosur-brosur layanan, Janji Layanan Unggulan (norma waktu dan biaya), SOP, Alur Layanan dan informasi pelayanan KPKNL Manado lainnya.

Beberapa fasilitas di KPKNL Manado antara lain Ruang Lelang/Aula KPKNL Manado yang mampu menampung sekitar 60 orang; Ruang Seksi-seksi yang mengadopsi sistem open space telah didukung dengan prasarana yang cukup lengkap seperti komputer/laptop, scanner dan printer/fotokopi. KPKNL Manado mendapatkan alokasi 5 (lima) kendaraan roda 4 (empat) dan 5 (lima) kendaraan roda 2 (dua) yang digunakan secara maksimal, efektif, dan efisien guna mendukung kelancaran tugas. Lahan parker KPKNL Manado memiliki lahan yang cukup luas yang mampu menampung sekitar 40 mobil namun digunakan bersama dengan kantor lain pada Gedung Keuangan Negara Manado.

 

Wisata Unggulan Manado 

1. Danau Linow

Danau Linow dikenal dengan julukan danau tiga warna, karena gradasi warna airnya yang kehijauan. Perbukitan dan pepohonan hijau yang membingkai danau juga semakin memperkuat pesonanya. Kamu juga bisa makan atau ngopi cantik di kafe yang ada di kawasan ini sambil menikmati suasana sejuk danau. Danau ini beralamat di Tondangow, Tomohon, Sulawesi Utara.


2. Puncak Kai Santi Woloan

Selagi di Tomohon, kamu wajib mampir ke Puncak Kai Santi Woloan. Wisata yang baru beroperasi pada awal 2018 ini berada di ketinggian, sehingga udaranya sejuk banget. Kamu bisa bersantai dan foto-foto dengan latar Gunung Lokon di kejauhan. Ada banyak spot foto yang tersedia di sana, lengkap dengan area santai dan bean bag warna-warni. Puncak Kai Santi Woloan beralamat di Woloan Dua, Tomohon Barat, Sulawesi Utara.



3. Taman Laut Nasional Bunaken

Pada saat wisatawan berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara, mereka tidak akan lupa untuk berkunjung ke Taman Laut Nasional Bunaken. Karena Bunaken merupakan obyek wisata yang paling populer. Di Bunaken terdapat 40 lokasi penyelaman yang memiliki beraneka ragam terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah. Wisatawan yang melakukan penyelaman di wilayah Bunaken akan disuguhi pemandangan 150 spesies ikan dari sekitar 58 genus ikan dan terumbu karang. Bunaken terletak di perairan laut Pulau Sulawesi. Sebagian Taman Laut Nasional Bunaken berada di utara Teluk Manado dan merupakan bagian administrasi Kota Manado, Sulawesi Utara. Untuk mencapai Taman Laut Nasional Bunaken, wisatawan dapat menggunakan transportasi yang sudah tersedia yaitu perahu motor dari pantai Teluk Manado.

 


4. Pulau Siladen

Pulau Siladen memiliki taman laut dengan ikan dan terumbu karang yang warna-warni serta sebuah gua yang indah. Berada di sebelah timur laut pulau Bunaken, Kecamatan Bunaken sekitar 8 mil dari pusat kota yang dapat ditempuh selama 45 menit dengan menggunakan kapal motor. Jika di Bunaken terkenal dengan keindahan dalam lautnya, maka Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainya. Tahukah kamu bahwa para wisatawan mancanegara lebih suka untuk berjemur di pantai ini.

 


5. Jembatan Sukarno

Jembatan Soekarno kini menjadi salah satu objek wisata yang ikonik di Kota Manado, yang diresmikan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo pada Mei 2015 lalu. Kemegahannya di siang hari bisa kamu saksikan dari sisi samping. Saat malam, cahaya lampu pada jembatan akan terlihat indah dan bersinar sangat terang.

 


5. Pulau Nain Besar dan Kecil

Masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bunaken nih. Kalau ke sini, kamu bisa menyewa speed boat dari Pelabuhan Marina atau Calaca. Biaya sewanya sekitar Rp1,5 juta untuk 6-7 orang dalam satu kapal. Kamu bisa menyaksikan keindahan panorama lautan Pasifik saat menapakkan kaki di pulau tersebut. Pulau Nain Besar ini mayoritas dihuni Suku Bajo yang bekerja sebagai petani rumput laut. Tak ada kebisingan di sini, sehingga kamu bakal merasa tenang.



Program Employee of the Month (Pegawai TeladanTahunan)

Untuk memotivasi pegawai dalam bekerja perlu adanya role model yang bisa dijadikan teladan. Untuk itu KPKNL Manado mengadakan penilaian dan pemilihan pegawai teladan pada setiap bulannya. Penilaian didasarkan pada 4 kriteria, yaitu: Kedisiplinan (ketaatan terhadap peraturan kepegawaian, kode etik, penyelesaian pekerjaan); Kesopananan (perilaku dalam berinteraksi baik dengan sesama teman atau atasan); Kerapian (cara berpakaian yang sesuai dan penggunaan atribut-atribut misalnya kartu tanda pengenal); dan Keramahan (cara mengucap salam baik kepada stakeholders maupun sesama pegawai.

Harapan agar DJKN sukses dalam melaksanakan tranformasi kelembagan sehingga  kedepan eksistensi kita diperhitungkan seperti Direktorat Jenderal lainnya.


Wilayah Kerja
1. Kota Manado
2. Kota Bitung
3. Kota Tomohon
4. Kota Kotamobagu
5. Kabupaten Bolaang Mongondow
6. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
7. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
8. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
9. Kabupaten Minahasa
10. Kabupaten Minahasa Selatan
11. Kabupaten Minahasa Utara
12. Kabupaten Minahasa Tenggara
13. Kabupaten Kepulauan Talaud
14. Kabupaten Kepulauan Siao Tagulandang Biaro
15. Kabupaten Kepulauan Sangihe
Peta Lokasi KPKNL Manado
Alamat Kantor
Jl. Bethesda No. 6-8 Gedung Keuangan negara Lt. 4 Manado - 95114
(0431) 860255
(0431) 860083
kpknlmanado@kemenkeu.go.id