Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Manado > Berita
Rapat Koordinasi Pensertipikasian BMN Berupa Tanah Tahun Anggaran 2024 pada Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara
Yosep Peniel Batubara
Jum'at, 22 Maret 2024   |   15 kali

Manado (21/03) – Kantor Wilayah DJKN Suluttenggomalut mengadakan rapat koordinasi Rapat Pensertipikatan BMN berupa Tanah Tahun Anggaran 2024 di lingkup Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara yang dilaksanakan secara hybrid di Aula Serba Guna lt. 6 Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado dan melalui aplikasi Zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala KPKNL di lingkup Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Kepala Kantor Pertanahan di lingkup Suluttenggomalut, dan para Kepala Satker di lingkup Suluttenggomalut, dengan tujuan membahas target nominatif serta strategi penyelesaian target pensertipikasian BMN berupa tanah untuk tahun anggaran 2024.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dan arahan yang disampaikan oleh Nikodemus Sigit R. selaku Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut. Nikodemus menyampaikan capaian Kanwil DJKN Suluttenggomalut telah mencapai melebihi target yaitu 2.182 NUP dari target awal 1.633 NUP, artinya capaian tahun 2023 sampai 133,62 persen dari target awal. “Kami sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran DJKN Suluttenggomalut dan jajaran Kementerian ATR/BPN lingkup provinsi Suluttenggomalut yang telah menjadi mitra kerja yang kolaboratif dan solutif sehingga tercapai target sertipikasi BMN pada TA 2023” jelasnya, “Seluruh BMN/D berupa tanah yang dikuasai Pemerintah Pusat atatupun Daerah harus disertifikatkan atas nama Pemerintah Republik Indonesia/Pemerintah Daerah yang bersangkutan” tegas Niko.

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Encep Sudarman selaku Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara DJKN. Encep menyampaikan apresiasi terhadap capaian Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan Kementerian ATR/BPN lingkup provinsi Suluttenggomalut yang telah melampaui target dan meningkat secara signifikan baik dari target pada tahun berjalan maupun target carry-over dari tahun sebelumnya. “Kami ingin memastikan Kanwil ATR/BPN yang terdapat di wilayah untuk dapat mendorong satuan kerja menuntaskan pendaftaran akun mitra”, pernyataan ini menegaskan agar kolaborasi segera ditingkatkan antar satuan kerja untuk dapat mendorong satuan kerja yang ada di wilayah Suluttenggomalut untuk melengkapi dokumen dan mendaftarkan akun mitra pada aplikasi Sentuh Tanahku agar proses pensertipikatan BMN berupa tanah pada tahun 2024 ini makin efektif dan efisien. “Barang Milik Negara ini adalah milik kita semua, mari kita jaga secara yuridis, dengan tertib administrasi, fisik, dan hukumnya” ucap Encep.

Agenda kemudian dilanjut dengan sesi pemaparan dari tiap-tiap Kanwil BPN Suluttenggomalut. Ahmad Muqim Haryono selaku Kabid Penetapan Hak dan Pendaftaran Kanwil BPN Sulut menyampaikan capaian dan target BPN Sulut yang mencapai 151 bidang pada tahun 2023. “Mohon untuk menambahkan keterangan terkait lokasi obyek tersebut apakah masih dalam wilayah satu pulau atau antar pulau, sebab akan berpengaruh pada anggaran kami” tambah Muqim Haryono. Terkait biaya pensertipikasian BMN berupa tanah, H. Rury Irawan selaku Kabid Penetapan Hak dan Pendaftaran Kanwil BPN Maluku Utara menyampaikan “Biaya pensertipikasian BMN berupa tanah tidak akan dikenakan biaya, semua itu ditanggung oleh pihak BPN, namun memang untuk biaya pendampingan tetap melekat pada K/L yang bersangkutan”. Pada sesi selanjutnya, kegiatan diisi oleh pemapran dari Bapak H. Rury Irawan, S.Sit., M.H. (Kepala Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran) Kanwil BPN Maluku utara dan Bapak Iswan B. Padu (Jafung Penata Pertanahan Muda Kanwil ATR/BPN Gorontalo. Dalam pemaparannya Bapak Ruri Irawan menyampaikan arah kebijakan nasional tahun 2024 adalah transformasi digital di ATR/BPR dan penuntasan target prioritas.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut kepada Kepala Kanwil ATR/BPN wilayah Suluttenggomalut dalam rangka keberhasilan penyelesaian program sertipikasi TA 2023.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Bethesda No. 6-8 Gedung Keuangan negara Lt. 4 Manado - 95114
(0431) 860255
(0431) 860255
kpknlmanado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini