Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pekalongan
BERITA UTAMA
Semarak 116 Tahun Lelang Indonesia, KPKNL Pekalongan menggelar Sosialisasi dan Edukasi (SOLID) Lelang di Aula KPKNL Pekalongan pada Selasa (07/05). Kegiatan ini merupakan salah satu strategi peningkatan edukasi dan pembinaan publik mengenai peran DJKN. Se
Info lelang.go.id

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, KPKNL menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

a.   inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanan kekayaan negara; 

b.   registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaannegara;

c.   pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia Urusan Piutang Negara;

d.   pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan dan optimalisasi dalam rangkapengelolaan piutang negara;

e.   pelaksanaan pelayanan penilaian;

f.    pelaksanaan pelayanan lelang;

g.   penyaJian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang;

h.   pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutang negara dan lelang;

i.    verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan

j.    pelaksanaan administrasi KPKNL.



Wilayah kerja KPKNL Pekalongan, meliputi: Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal.


Tahun 2018, KPKNL Pekalongan berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB). Penghargaan ini diterima pada tanggal 10 Desember 2018 bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) ke- 72 di Jakarta.

Pada tahun 2018 pula, KPKNL Pekalongan berhasil mendapatkan pengakuan atas sistem manajemen mutu layanan, ISO 9001: 2015 dari Thuv Reinlad selaku auditor eksternal yang meliputi 32 standar layanan (SOP) baik yang berada pada seksi teknis maupun pada seksi pendukung. Keberhasilan pencapaian kedua hal di atas merupakan hasil kerja bersama dan sinergi yang baik dari seluruh jajaran KPKNL Pekalongan. Selain itu pada tahun 2018, KPKNL Pekalongan merupakan satu-satunya kantor vertikal DJKN yang ditunjuk untuk mengikuti lomba Pengarusutamaan Gender (PUG) ditingkat Kementerian Keuangan.

 

Upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa terus dilakukan, dimana salah satu inovasi yang dikembangkan padat ahun 2018 berhasil mendapat peringkat I Inovasi Layanan Tahun 2018 tingkat DJKN berupa Validasi Pajak Pengalihan Hak Atas Tanah Dan/AtauBangunan Yang Berasal dari Lelang. Komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan serta perbaikan internal dilakukan dalam rangka pencapaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2019.


Pada tahun 2020, KPKNL Pekalongan berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian PAN RB. Dan pada tahun 2020 lalu, KPKNL Pekalongan mengikuti serangkaian kegiatan penilaian dan lomba, yaitu Evaluasi Unit Pelayanan Publik (EUPP)  yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB, Kantor Pelayanan Teladan (KPT) dan Lomba Arsip tingkat DJKN. Dari seluruh kegiatan penilaian tersebut, KPKNL Pekalongan berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan. EUPP mendapat penghargaan sebagai Penyelenggaran Pelayanan Publik dengan kategori Sangat Baik, untuk KPT mendapat penghargaan sebagai Kantor Pelayanan Teladan Terbaik I dan untuk Lomba Arsip mendapat peringkat ketiga. 

 

Selain meningkatkan mutu layanan, KPKNL Pekalongan juga senantiasa menjalin kerjasama yang baik dengan para stakeholder. Dan pada tahun 2021 KPKNL Pekalongan mendapat penghargaan dari Bank Mandiri atas dukungan yang baik dalam pelayanan lelang hak tanggungan. 

 

Pada Tahun 2022 KPKNL Pekalongan mendapatkan penghargaan dari KPPN Pekalongan sebagai Juara I  Kantor dengan kualitas kinerja pelaksanaananggaran terbaik (IKPA), Juara 3 lomba cerdas cermat Penilaian DJKN, dan Juara Kedua dalam Lomba Kedai Lelang UMKM.

 

KPKNL Pekalongan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik dan mengutamakan kepuasan bagi pengguna layanan. Dengan sarana dan prasarana yang memadai serta motto “Sakpore”, yang memiliki akronim Santun dalam bersikap, Kompeten dan Profesional dalam berkerja, Responsif dan Empati dalam melayani. 

 

Dan pada tahun 2023 KPKNL Pekalongan berhasil meraih Juara II lomba Kedai Lelang UMKM yang diselenggarakan oleh Kantor Pusat DJKN.

 

Di tahun 2024 ini dalam pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Pekalongan, didukung jumlah pegawai sebanyak 31 orang dan tenaga honorer sebanyak 14 orang sebagai tenaga keamanan, pengemudi dan purnabhakti.



Fasilitas pada KPKNL Pekalongan antara lain Ruang konsultasi, Ruang Laktasi, tempat bermain anak, ruang tunggu tamu, e-corner, mushola, mini perpustakaan, kamar mandi difabel, dan lain-lain.

 

-->
Prestasi KPKNL Pekalongan
Peringkat I IKPA Se-Wilayah Kerja KPPN Pekalongan Tahun 2018
Pengelola Keuangan Terbaik I Tingkat Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta Tahun 2018
Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari KemenPAN RB Tahun 2018
Peraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
Juara I Lomba Foto Dalam 110 Tahun Lelang Indonesia
Juara I Inovasi Layanan Tahun 2018 Tingkat DJKN
Peraih Predikat Unit Kerja WBBM Tahun 2020
Juara I Kantor Pelayanan Teladan (KPT) Tingkat Kementerian Keuangan Tahun 2021
Wilayah Kerja
Kota Pekalongan
Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Batang
Kabupaten Kendal
Peta Lokasi KPKNL Pekalongan
Alamat Kantor
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118;
(0285) 436113
kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini