Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Artikel
GENERASI DURIAN, SELALU MENGANDALKAN ORANG TUA?
Dina Arinda Putri
Jum'at, 29 Maret 2024   |   44 kali

    Generasi durian ini berasal dari Singapura, Cares for Kids menjelaskan bahwa gengerasi durian adalah generasi yang anak-anaknya di didik dengan pola asuh orang tua yang selalu memanjakan mereka, over protektif, dan selalu menjadi tameng anak ketika mereka melakukan kesalahan. Seperti buah durian, generasi ini terlihat kuat dari luarnya padahal tanpa disangka dalamnya sangat lembek. Duri pada kulit durian sendiri merujuk pada pola asuh orang tua generasi ini yang bertindak sebagai pelindung untuk anaknya. Dan buah dari durian merujuk pada kondisi anak.

    Generasi durian ditujukan pada mereka yang lahir di antara tahun 1990 hingga 2000. Maka, sebenarnya generasi durian ini berasal dari generasi Milenial. Dibandingkan dengan anak generasi strawberry yang cenderung membawa dampak negatif bagi dirinya sendiri, maka anak generasi durian justru akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan di sekitarnya. Jadi, itulah alasannya generasi durian dikatakan lebih buruk. Generasi durian tidak muncul dengan sendirinya, generasi ini muncul dikarenakan pola asuh orang tua mereka yaitu generasi Milenial.

    Beberapa ciri khas dari generasi durian adalah mereka cenderung bersikap kasar, agresif, suka memerintah, keinginannya harus cepat terpenuhi, arogan dan egois. Mereka juga tidak terbiasa untuk berusaha dalam segala bidang karena selalu mengandalkan bantuan orang tua. Selain itu, karena mereka tumbuh di dunia serba digital dan internet, anak generasi durian ini juga sangat tergoda untuk menjadi viral di media sosial.

5 Cara Mencegah Anak Menjadi Generasi Durian:

1) Terapkan nilai kerja keras. Faktanya, anak generasi durian akan menjadikan orang tua sebagai salah satu pemanfaatannya atau selalu ketergantungan pada orang tua dalam melakukan segala hal. Hal tersebut tentu akan membuat mereka menjadi lembek terhadap tantangan atau rintangan yang seharusnya mereka hadapi sendiri. Untuk itu, perlu mendidik anak agar belajar arti dari kerja keras agar tidak ketergantungan dengan orang tua.

2) Buat aturan yang jelas. Untuk mencegah anak menjadi generasi durian adalah dengan membuat kesepakatan terkait aturan yang jelas. Ajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap kesepakatan yang telah dibuat agar membuatnya lebih disiplin dan memiliki pendiriannya sendiri. Tidak ketergantungan dengan orang tua.

3) Batasi sikap konsumtif. Cara yang bisa dilakukan agar anak tidak menjadi generasi durian adalah dengan mencegah anak menjadi pribadi yang konsumtif. Jangan selalu menuruti apa yang mereka inginkan tetapi berikan apa yang mereka butuhkan dan biarkan mereka mencari caranya sendiri untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Selain mengajarkan mereka mandiri, cara tersebut juga dapat membuat mereka lebih bekerja keras untuk mendapatkan apa yang mereka impikan tanpa campur tangan orang lain.

4) Ajarkan anak agar suka berbagi. Ajarkan anak suka berbagi agar anak terhindari dari generasi durian. Orang tua perlu untuk mendidik anak agar mudah berbagi sedari kecil dan tanamkan jiwa sosial yang tinggi agar lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Jangan biarkan anak menjadi egois dan tidak memikirkan perasaan orang lain apalagi menyakiti orang lain.

5) Menjadi panutan yang baik. Terakhir, selain mendidik anak dengan cara-cara yang lebih tegas. Para orang tua juga harus memiliki sikap dan sifat teladan yang bisa menjadi panutan untuk anak-anak. Orang tua juga harus menerapkan hal-hal positif agar anak dapat mencontoh hal baik yang dilakukan. 

    Tidak ada salahnya bagi para orang tua untuk selalu membantu anaknya. Semua orang tua pasti ingin anaknya hidup bahagia dan tanpa ada kesusahan. Tetapi perlu ada beberapa pengecualian terkait bagaimana cara mendidik anak agar tidak menjadi generasi durian. Tidak selamanya para orang tua akan berada di dunia ini. Para orang tua harus mengambil langkah yang tegas dan ini bukan hanya untuk kebaikan anak tapi juga kebaikan para orang tua. Beberapa tambahan solusi agar anak terhindar dari menjadi generasi durian, di antaranya dengan tidak memanjakan anak, tidak memberi labeling negatif, tidak memaksakan kehendak pribadi pada anak, membiarkan anak belajar mengambil keputusan sendiri, serta mengajarkan anak untuk berlapang dada ketika menghadapi kegagalan. Maka diharapkan kita dapat mencegah dan menekan angka pertumbuhan generasi Durian demi masa depan generasi yang lebih baik.

Oleh: Aulia 

DAFTAR PUSTAKA

- Wibisono, A R. (2023). Cara Mendidik Anak Agar Tidak Jadi Generasi Durian. Diakses 11 Januari 2023, dari idntimes.com

- https://www.akurat.co/parenting/1302414462/Kenali-Apa-Itu-Generasi-Durian-Dan-5- Cara-Mencegahnya

- https://www.educenter.id/strawberry-generation-vs-durian-generation/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini