Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Kilas Peristiwa
Tingkatkan Ketaqwaan Pegawai, KPKNL Pekalongan Lakukan Kajian Muhasabah/Intropeksi Diri Guna Resolusi Di Tahun Baru
Ely Sri Mardiyani
Selasa, 03 Januari 2023   |   98 kali

Pekalongan - Mengawali tahun 2023 Kepala KPKNL Pekalongan, Wahyu Setiadi  mengundang seluruh stafnya yang terdiri dari ASN dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN)  untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Mental Nasional (Bintalnas) Gabungan guna meningkatkan ketaqwaan dan keimanan para pegawai.  Kegiatan Bintalnas dilaksanakan di ruang Meet Point KPKNL Pekalongan pada   Selasa (03/01/2023)  dengan menghadirkan Ustad  Very Setiyawan, Lc., M.H sebagai nara sumber.

Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Pekalongan mengajak stafnya untuk melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap kegiatan-kegiatan ataupun perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan pada masa lalu. "Hal-hal yang baik dan positif hendaknya tetap dijaga di tahun mendatang, dan apabila terdapat kekurangan pada masa lalu hendaknya dapat menjadi bahan evaluasi untuk langkah ke depan agar manjadi  lebih baik," pesannya.

Very Setiyawan menyampaikan materi Bintalnas dengan tema Muhasabah/Introspeksi Diri (Refleksi Tahun Lalu dan Resolusi di Tahun Baru). Dalam kajiannya Very Setiyawan menyampaikan bahwa “Seseorang yang cerdas adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya dan beramal untuk (kehidupan) setelah kematian” yang dikutip dari H.R. Ahmad & Tirmidzi. Muhasabah dapat dilakukan sebelum melakukan perbuatan dan setelah melakukan perbuatan. Sementara adab beramal ada 6 (enam) yang terdiri hati Ikhlas dan mutaba’aturrasul, Mahabbah (cinta), khauf (takut) dan raja (berharap), Mengakui karunia Allah, Mengakui adanya kekurangan, Tidak mengiringi kebaikan dengan kemaksiatan, dan Tidak mengiringi kebaikan dengan kezhaliman.

Kegiatan bintalnas diakhiri dengan doa penutup yang dilakukan oleh Ustad Very Setiyawan.  Bekerja juga merupakan ibadah, oleh karenanya dalam bekerja hendaknya disertai dengan hati ikhlas, cinta kasih, dan kebaikan yang tulus.  (Penulis: Ely Sri M)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini