Presidensi G-20, Pulihkan Perekonomian Indonesia
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang luar biasa bagi seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya berdampak bagi kesehatan, tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat. Pemerintah Indonesia…
MEMBANGUN KOLABORASI MANAJEMEN RISIKO AREA RAWAN FRAUD
MEMBANGUN KOLABORASI MANAJEMEN RISIKO AREA RAWAN FRAUD Oleh: Dwi Agus Prasetyo, Kepala Sub Bagian SDM, Bagian Umum, Kanwil DJKN Sulseltrabar A. Ringkasan EksekutifKualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa dipengaruhi…
Siapa yang seharusnya belajar tentang komunikasi dalam birokrasi? Apakah hanya para pegawai yang sedang ditugaskan dalam bidang kehumasan? Jawabannya tentu tidak. Seluruh pegawai membutuhkan keterampilan berkomunikasi yang baik, terlebih saat ini ruang…
Jurus-Jurus Jitu Penanganan Perkara Secara Elektronik Bagi Pegawai DJKN
Pekerjaan sebagai penangan perkara di dalam instansi sebesar Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) merupakan sebuah tantangan. Tantangan tersebut menjadi berlipat ganda ketika seorang penangan perkara tersebut bukanlah seorang sarjana hukum, awam…
“Gratifikasi merupakan akar dari korupsi” adalah frasa yang sudah sangat familiar digaungkan dalam semangat memberantas korupsi di lingkungan ASN, khususnya di lingkungan Kementerian Keuangan. Pengetahuan dasar mengenai gratifikasi sudah menjadi materi…
Mengenal Lebih Dekat Kebutuhan Pengguna Layanan
A. Pengertian PelayananPemerintah sebagai penyedia layanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat harus bertanggung jawab dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi peningkatan pelayanan publik. Pada dasarnya setiap permasalahan…
Urgensi Survei Kepuasan Pengguna Layanan bagi Penyelenggara Pelayanan Publik
Seiring dengan transformasi pelayanan publik ke arah digital serta dalam memenuhi tuntutan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik yang cepat, mudah, dan terjangkau menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik.…
Indeks Kepuasan Pengguna Layanan (IKPL) KPKNL Tasikmalaya tahun 2021
Indeks Kepuasan Pengguna Layanan (IKPL) KPKNL Tasikmalaya dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dari skala 5, IKPL KPKNL Tasikmalaya secara berturut-turut, tahun 2019 sebesar 4,94, tahun 2020 sebesar 4,95 dan di tahun 2021 sebesar 4,96.Hasil…
PENETAPAN TARIF SEWA BARANG MILIK NEGARA KONSEP ALTERNATIF: COMPETITIVE EQUILIBRIUM
Sewa adalah salah satu bentuk pemanfaatan barang milik negara (BMN) yang didasarkan pada suatu perjanjian dengan pihak lain yang membayar tarif tertentu secara tunai. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 115/PMK.06/2020 tentang Pemanfaatan Barang…