Lean Management Dalam Proses Bisnis Pelayanan Lelang di KPKNL
Ditulis oleh Guntur Priadi Pegawai Sekretariat DJKN Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang dalam meningkatkan performance nya dituntut selalu memperbaiki tingkat pelayanannya. Salah satu core business yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan…
Indonesia sebagai negara berkembang membutuhkan proyek infrastruktur yang tidak sedikit. Hal ini disebabkan perlu adanya perbaikan-perbaikan serta pembangunan infrastruktur baru guna menunjang kehidupan bermasyarakat.…
Perbaikan Berkelanjutan Pelayanan Lelang DJKN
Oleh Guntur Priadi Pelaksana Sekretariat DJKN Direktorat Jenderal Kekayaan Negara merupakan salah satu unit di Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang memiliki fungsi utama dalam pengelolaan kekayaan negara, piutang negara, dan lelang. Salah satu…
Penerapan Konsep Public Private Partnership (PPP) Dan Konsep New Public Management (NPM) Dalam Meningkatkan Pemanfaatan Aset Negara Oleh Guntur Priadi Pelaksana Sekretariat DJKN Pegawai Tugas Belajar Diploma IV Akuntansi Alih Program Politeknik Keuangan…
Integrasi Antar Dokumen Perencanaan
Oleh Andar Ristabet Hesda Pegawai Pada Sekretariat DJKN Dokumen perencanaan yang dimiliki oleh DJKN ternyata cukup beragam, mulai dari 1) rencana strategis, 2) kontrak kinerja, 3) rencana kerja (renja), 4) dokumen penganggaran (RKAKL), 5) profil risiko,…
PNBP Amnesty Dalam Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN)
Ditulis Oleh Badrud Duja Staf KPKNL jakarta V Nontax Government Revenue (NTGR) atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terdiri atas SDA Migas, SDA Nonmigas, Pendapatan BLU, Bagian laba BUMN dan PNBP lainnya. Persentase PNBP terhadap pendapatan…
Persyaratan Kompetitif Bagi Data Pembanding Dalam Pendekatan Data Pasar
Dalam menggunakan pendekatan data pasar, salah satu yang harus dilakukan oleh Penilai adalah mencari data pembanding. Data tersebut berupa data transaksi atau penawaran dari objek yang sejenis dan sebanding dengan objek penilaian yang meliputi harga,…
DJKN, Kementerian Keuangan, dan Balanced Scorecard
DJKN, Kementerian Keuangan, dan Balanced Scorecard Risman, KPKNL Jakarta III Juni, 2016 Jika sebuah organisasi merencanakan untuk menerapkan manajemen kinerja, maka hal yang umum terjadi adalah penolakan. Demikian pula konsep Balanced Scorecard (BSC),…
Perbaikan Terus-Menerus Dan Fokus Pada Kualitas Hasil Kerja Sebagai Jalan Menuju Kesempurnaan
SERIAL BEDAH KAMUS KOMPETENSI CONTINUOUS IMPROVEMENT – QUALITY FOCUS PERBAIKAN TERUS-MENERUS DAN FOKUS PADA KUALITAS HASIL KERJA SEBAGAI JALAN MENUJU KESEMPURNAAN “Toward Revenue Center of State Asset Management” Pada artikel Serial…
Kontrol Terhadap Hasil Penilaian Berupa Nilai Wajar Atas Sewa Dengan Pendekatan Pendapatan
oleh Rachmat Kurniawan, S.T., M.E. Kepala Bidang Penilaian Kanwil Papua Maluku Latar Belakang Keluarnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 57/PMK.06/2016 sebagai pengganti PMK 33/PMK.06/2012 tentang Tatacara Pelaksanaan Sewa BMN, membuka babak baru bagi…