Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Rakertas DJKN: 2012 Tahun Naik Kelas!
N/a
Jum'at, 10 Februari 2012 pukul 17:10:19   |   619 kali

       Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengadakan Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) pada tanggal 9 s.d. 10 Februari 2012 di Gedung Syafrudin Prawira Negara lantai 5, Jakarta. Acara ini mengambil tema “Kita Tingkatkan Kinerja melalui Penetapan Strategi Pencapaian Target Kinerja Yang Handal.” Acara  dihadiri oleh Dirjen KN, Sekretaris DJKN, para Direktur di lingkungan DJKN berikut satu pejabat eselon III, para Tenaga Pengkaji, para Kepala Kanwil seluruh Indonesia berikut satu Kepala Bidang, dan para Kepala KPKNL yang ditunjuk.
       Acara dimulai Kamis (9/2) dengan diawali pembukaan dan pembacaan doa. Acara dilanjutkan dengan arahan umum oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto. Dalam arahannya, Dirjen KN menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran DJKN yang telah bekerja keras selama tahun 2011 sehingga target yang telah ditetapkan dapat dicapai bahkan terlampaui. Namun Dirjen mengingatkan bahwa pencapaian target tahun 2011 merefleksikan 2 (dua) hal yaitu perencanaan yang kurang baik atau memang kinerja kita yang bagus. Dirjen berharap prestasi yang dicapai di tahun 2011 bukan karena perencanaan yang kurang baik akan tetapi dikarenakan kinerja yang bagus.   
       Dirjen menyatakan bahwa Rakertas merupakan kegiatan yang penting dilakukan sebagai salah satu sarana knowledge sharing sehingga diharapkan dengan kegiatan ini pegawai DJKN tidak kehilangan orientasi terhadap pekerjaan. Dirjen juga menyampaikan bahwa tahun 2012 merupakan tahun naik kelas yang artinya naik dari semua indikator baik key performance indicator (KPI) maupun dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Disamping itu, naik kelas juga dapat diartikan dalam bekerja tidak hanya sebatas business as usual akan tetapi mengalami peningkatan. “Temuan BPK pada tahun lalu agar tidak lagi menjadi temuan lagi di tahun 2012,” ujar Dirjen KN saat memberikan contoh tentang naik kelas di tahun 2012.
       Dirjen berpesan agar para peserta yang hadir dalam membuat kebijakan agar responsif dan komprehensif dapat dilaksanakan di lapangan, disamping itu, pegawai di daerah diharapkan dapat memberikan masukan kepada kantor pusat untuk merumuskan kebijakan dengan baik. Dirjen mengingatkan kepada peserta rapat agar selalu berhati-hati dalam menjalankan pekerjaan mengingat risiko pekerjaan yang cukup besar.
       Setelah menyampaikan sambutan, selanjutnya Dirjen menyampaikan sambutan dari Menteri Keuangan dimana salah satu poin penting yang menjadi perhatian Menkeu adalah pentingnya menjaga kepercayaan stakeholder. Disamping itu, Menkeu berharap agar kinerja Kemenkeu harus lebih baik dibandingkan dengan Kementerian Negara/Lembaga lain. Salah satu hal yang ditekankan oleh Menkeu adalah Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2012 harus terserap 95% dengan disertai peningkatan kualitas pelayanan.
       Menkeu secara khusus berpesan kepada seluruh jajaran DJKN agar membenahi pengelolaan kekayaan negara, piutang negara, aset BPPN, aset KKKS, dan Strategic Asset Management, internal control agar diperkuat, pengendalian terhadap portofolio DJKN, dan khusus bidang penilaian Menkeu berpesan agar kualitas penilai agar ditingkatkan. “Metodologi yang digunakan dalam penilaian agar diperhatikan,” ucap dirjen KN meneruskan arahan dari Menkeu.

     

       Rapat dimulai dengan panel diskusi tentang upaya pencapaian target di bidang pengelolaan kekayaan negara yang diawali presentasi oleh Direktur Barang Milik Negara (BMN) Dedi Syarif Usman dengan moderator Tenaga Pengkaji Optimalisasi Kekayaan Negara Bambang S. Marsoem. Direktur BMN menjelaskan tentang strategi penyelesaian permasalahan identifikasi BMN yang dapat disertifikasikan sehingga diharapkan tahun 2013 sudah dilakukan sertifikasi BMN. Pemaparan selanjutnya dilakukan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) Suryanto yang memaparkan tentang pengelolaan kekayaan negara dan current issue pengelolaan kekayaan negara. Panelis ketiga dalam sesi ini adalah Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) Arif Baharudin yang menyampaikan materi tentang upaya pencapaian target di bidang pengelolaan kekayaan negara dipisahkan.
       Panel diskusi yang kedua membahas upaya pencapaian target di bidang pengurusan piutang negara yang disampaikan oleh Kasubdit Piutang Negara II Joko Prihanto dibantu oleh Kasubdit Piutang Negara I Andy Pardede dengan moderator Direktur Hukum dan Humas Tavianto Noegroho yang membahas road map percepatan penyelesaian pengurusan piutang negara.

    
       Setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan panel diskusi tentang upaya pencapaian target di bidang lelang oleh Direktur Lelang Purnama T. Sianturi dengan moderator Tenaga Pengkaji Harmonisasi Kebijakan Nuning Sri Rejeki. Panel diskusi yang terakhir adalah evaluasi capaian kinerja 2011, pemaparan IKU Kemenkeu-One DJKN 2012, pemaparan IKU Kemenkeu-Two Kanwil DJKN 2012, dan monitoring tindak lanjut atas temuan aparat pemeriksa fungsional yang disampaikan oleh Sekretaris DJKN Agus Rijanto Sedjati. Sampai dengan berita ini diturunkan, kegiatan masih dilanjutkan esok hari dengan agenda penyerahan penghargaan kantor wilayah berkinerja terbaik, penandatanganan kontrak kinerja Kemenkeu-Two 2012, dan pembacaan butir-butir hasil Rakertas. (nurbi-humas)



Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini