Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kukuhkan SMV Icon, Dirjen KN: Peluang DJKN Beri Kontribusi Penting Kemenkeu Satu
Monika Yulando Putri
Jum'at, 26 April 2024 pukul 15:55:21   |   141 kali

Jakarta – Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban, mengukuhkan 34 Special Mission Vehicles (SMV) Icon untuk masa tugas tahun 2024 dalam acara “Kick Off Meeting Pojok SMV dan SMV Icon Tahun 2024” yang diselenggarakan secara daring pada Kamis (25/4) di. SMV Icon merupakan perwakilan masing-masing Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan dan beberapa Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Adapun Pojok SMV merupakan bentuk kolaborasi DJKN dengan SMV Kementerian Keuangan untuk menjembatani komunikasi antara SMV dengan stakeholder di daerah.

Dalam sambutannya, Rionald mengapresiasi unit-unit yang telah aktif menjalankan Pojok SMV dan juga kepada para SMV Icon yang telah aktif menginisiasi penyelenggaraan kegiatan di wilayah kerja masing-masing. Rionald juga menyampaikan arahan agar Direktorat Kekayaan Negara Dipisahkan (KND) dapat terus bersinergi dengan Kanwil DJKN untuk mendukung tugas SMV. “Peluang bagi kita, DJKN memberikan kontribusi penting Kemenkeu satu,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur KND, Meirijal Nur menyampaikan laporan atas pelaksanaan program Pojok SMV dan SMV Icon. Pojok SMV dan SMV Icon telah dilaksanakan sejak tahun 2022. Beberapa kegiatan yang dilakukan meliputi antara lain capacity building para SMV Icon, penyusunan proposal desa devisa oleh para SMV Icon, penyelenggaraan seminar/sharing session terkait pengembangan masyarakat dan perekonomian daerah, dan joint program SMV.

Pada periode tahun 2024 telah dilaksanakan perluasan cakupan program SMV Icon sesuai arahan Dirjen Kekayaan Negara yaitu dengan menunjuk SMV Icon dari 17 Kantor Wilayah DJKN dan beberapa KPKNL yang berada di provinsi yang berbeda dengan Kanwilnya. Meirijal juga menyampaikan harapan agar SMV Icon juga dapat melebarkan program pada proses bisnis SMV selain penggalian potensi Desa Devisa yang telah dilaksanakan, misalnya pembiayaan sekunder perumahan dan small scale KPBU, “Kami harap program ini menjadi katalis munculnya inovasi dan ide baru yang dapat diimplementasikan secara nyata,” tutupnya.

(myp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini