Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kunjungan Kerja Direktur Jenderal Kekayaan Negara ke Batam
N/a
Kamis, 01 Maret 2012 pukul 14:30:16   |   446 kali

Batam - Pada tanggal 23 s.d 24 Februari 2012, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Hadiyanto, meluangkan waktu untuk melakukan kunjungan kerja ke Batam. Tujuan utama kunjungan tersebut adalah dalam rangka finalisasi Rancangan Peraturan Menteri Keuangan (RPMK) tentang Pengelolaan Aset Badan Penguasaan Kawasan Batam. Rancangan peraturan ini dilatarbelakangi adanya karakteristik aset BP Kawasan Batam yang berbeda dengan Barang Milik Negara (BMN) yang ada di Kementerian / Lembaga pada umumnya.


Aset BP Kawasan Batam terdiri dari Barang Milik Negara, barang yang diperoleh dari pendapatan operasional Badan Pengusahaan, barang yang pendanaannya merupakan gabungan antara Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan pendapatan operasional. Direktur Jenderal mengatakan bahwa aset BP Kawasan Batam mempunyai nilai yang luar biasa yakni 14 Trilyun yang tersebar di 10 satuan kerja antara lain Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Laut, Rumah Sakit Otorita Batam, dan lain-lain. Nilai ini adalah sebesar 70% dari total aset BMN yang dalam pengelolaan KPKNL Batam.

Dengan adanya faktor-faktor tersebut diperlukan adanya peraturan khusus yang mengatur aset BP Kawasan Batam karena peraturan yang ada selama ini belum mengakomodir karakteristik aset BP Kawasan Batam. Adapun ruang lingkup pengaturan RPMK tersebut memuat lingkup aset, lingkup dan prinsip pemanfaatan aset, jangka waktu pemanfaatan aset, pengaturan kewenangan antara Menteri Keuangan dan BP Kawasan Batam, dan penerimaan negara dari hasil pemanfaatan aset. Diharapkan dengan adanya peraturan tersebut, pengelolaan aset BP Kawasan Batam menjadi lebih jelas, tertib dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai prinsip good governance.

Setelah melakukan pemaparan di BP Kawasan Batam, acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke lokasi aset BP Kawasan Batam antara lain Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Laut, Kawasan Industri Muka Kuning, dan beberapa aset lainnya.

Dalam rangkaian kunjungannya, Direktur Jenderal beserta rombongan juga meninjau kantor KPKNL Batam dan sekaligus memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil III DJKN Pekanbaru serta seluruh staf KPKNL Batam. Direktur Jenderal memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Kanwil III DJKN Pekanbaru yang telah mendapatkan predikat terbaik Nilai Kinerja Unit (NKU) DJKN Tahun 2011.

Prestasi yang sudah diraih Kanwil III DJKN Pekanbaru harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan dengan bekerja yang lebih keras disertai semangat perbaikan.
Direktur Jenderal mengingatkan kembali pentingnya nilai-nilai utama Kementerian Keuangan untuk terus diinternalisasikan kepada seluruh jajaran Kanwil III DJKN Pekanbaru dan diimplementasikan dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa. (KPKNL Batam)



Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini