Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tingkatkan Kualitas Penilai, Kanwil XII DJKN Banjarmasin Selenggarakan Uji Hasil Penilaian di Hadapan Komite Penilai
N/a
Kamis, 26 April 2012 pukul 08:17:52   |   542 kali

Sejalan dengan tujuan peningkatan kualitas penilaian maka pemaparan hasil penilaian perlu dilakukan oleh penilai. Berkaitan dengan itu, Tim Penilai Kanwil XII DJKN Banjarmasin melakukan pemaparan hasil penilaian di hadapan Komite Penilai Kanwil XII DJKN Banjarmasin untuk mendapat saran dan masukan untuk memperkaya dan memperkuat  opini yang telah disimpulkan oleh Tim Penilai.

Acara berlangsung pada tanggal 17 April 2012 di Ruang Rapat Kanwil XII DJKN Banjarmasin yang dimulai Pukul 09.30 WIT. Acara diisi dengan pemaparan yang dilakukan oleh Tim Penilai di hadapan Komite Penilai dilakukan dari sisi administrasi maupun substansi laporan penilaian terhadap objek penilaian berupa tanah kosong milik Badan yang akan dipindahtangankan kepada pihak ketiga. Hal ini dilakukan agar diperoleh gambaran keseluruhan mengenai opini nilai yang dihasilkan serta tahapan-tahapan yang telah dilalui oleh Tim Penilai sebelum mengambil kesimpulan. Pemaparan dilakukan oleh Ketua Tim Penilai Hardjono bergantian dengan anggota Tim Penilai di hadapan Komite Penilai yang terdiri dari para penilai internal di Lingkungan Kanwil XII DJKN Banjarmasin termasuk di dalamnya  Kepala Bidang Penilaian Didith A. Andiana.

Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif dari Tim Penilai, Komite Penilai bergantian mengajukan pertanyaan serta meminta penjelasan tambahan kepada Tim Penilai dimulai dari pembahasan mengenai asumsi yang dibuat oleh Tim Penilai untuk membatasi Opini Nilai yang dikeluarkan serta pendekatan yang dipergunakan oleh Tim Penilai dalam melakukan perhitungan maupun dalam pengumpulan data. Analisis dalam perhitungan nilai juga tidak luput dari perhatian Komite Penilai, terutama berkaitan dengan asumsi serta dasar perhitungan yang dilakukan oleh Tim Penilai seperti grading (pembobotan) atas penyesuaian terhadap faktor lokasi dari objek pembanding. Konsistensi penerapan penyesuaian juga merupakan hal yang menjadi perhatian dan perbincangan hangat dalam acara pemaparan yang bersifat diskusi ini.

Komite Penilai mencatat beberapa hal yang perlu diperkuat oleh Tim Penilai untuk dilakukan perhitungan dengan dasar perhitungan yang lebih memadai serta pengambilan kesimpulan yang tepat. Perbaikan atas Laporan Penilaian merupakan tanggung jawab dari Tim Penilai berdasarkan masukan-masukan yang diperoleh dalam acara pemaparan tersebut.

Selanjutnya untuk tujuan pembelajaran yang terus-menerus, kegiatan pemaparan di hadapan Komite Penilai akan terus dilakukan tidak terbatas hanya untuk Penilaian dalam rangka Pemanfaatan atau Pemindahtanganan BMN tetapi juga Penilaian untuk tujuan lainnya, sehingga Penilai Internal Kanwil XII DJKN Banjarmasin semakin profesional dalam menjalankan tugas penilaian serta memiliki kapasitas serta pengetahuan yang mumpuni. (Kanwil XII DJKN Banjarmasin)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini