Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil XVI DJKN Manado Selenggarakan Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2012 di Kota Palu
N/a
Kamis, 26 April 2012 pukul 16:26:51   |   714 kali

Palu – Bertempat di Swiss-Belhotel, Silae, Kota Palu, tanggal 19 s/d 22 Maret 2012 Kantor Wilayah XVI DJKN Manado menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Tahun 2012 dengan mengambil tema “Strategi Pencapaian Indikator Kinerja Utama Tahun 2012 Serta Zero Outstanding Pengurusan Piutang Negara Tahun 2014”. Rakorda dihadiri oleh pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil XVI DJKN Manado, KPKNL Manado, KPKNL Ternate, KPKNL Gorontalo, dan KPKNL Palu. Acara diawali dengan pembukaan dan pembacaan doa kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama. Untuk memberikan semangat dan kebanggaan terhadap organisasi, seluruh peserta Rakorda meneriakkan yel-yel DJKN One Team, One Spirit, One Goal, dengan dipandu oleh Kasubbag TU Kanwil XVI DJKN Manado Devi Lesilolo.   

Kepala Bidang Penilaian Kanwil XVI DJKN Manado M. Yakub selaku Ketua Panitia Rakorda memberikan sambutan terkait dengan pelaksanaan Rakorda tahun 2012 yang dilaksanakan di Kota Palu. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kanwil XVI DJKN Manado Ngakan Putu Tagel. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa DJKN harus senantiasa melangkah lebih maju dan harus meningkatkan prestasi, evaluasi kinerja harus lebih dioptimalkan, peningkatan kualitas pelayanan kepada stakeholders, serta adanya kontrol internal yang efektif jangan sampai ada tindak pidana yang dilakukan oleh pegawai karena dengan adanya tindak pidana oleh oknum pegawai maka prestasi kinerja yang telah dicapai selama ini sama saja dengan nol, tidak ada artinya, dan akan menghancurkan citra dan reputasi organisasi DJKN. Beliau juga menyatakan bahwa Rakorda dilaksanakan sebagai tindak lanjut Kontrak Kinerja Balanced Scorecard (BSC) Kemenkeu-One, Kemenkeu-Two, dan Kemenkeu-Three, sehingga diharapkan Rakorda menghasilkan tindakan strategis untuk pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2012 dan zero outstanding pengurusan piutang negara tahun 2014. Pria yang pernah menjabat Kepala KPKNL Mataram dan Kepala KPKNL Denpasar ini juga mengingatkan agar budaya kerja, sikap, dan tingkah laku kita harus senantiasa mencerminkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yang terdiri dari Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan, serta masing-masing individu setiap saat harus bisa mengaudit diri sendiri.

      

Memasuki acara berikutnya, masing-masing Bidang dan Bagian Umum Kanwil XVI DJKN Manado mempresentasikan capaian kinerja tahun 2011 sampai dengan Februari 2012, pemaparan rencana strategi pencapaian IKU tahun 2012, current issue yang dapat mendukung pelaksanaan pekerjaan maupun yang berpotensi menghambat pencapaian target IKU tahun 2012, permasalahan-permasalahan yang dihadapi, dan langkah-langkah menuju zero outstanding pengurusan piutang negara tahun 2014. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi masing-masing Kepala KPKNL, yang diawali oleh Kepala KPKNL Ternate dan secara berurutan Kepala KPKNL Gorontalo, Kepala KPKNL Manado, serta Kepala KPKNL Palu.

Menjelang penutupan Rakorda, dibentuk tim untuk merumuskan butir-butir penting hasil Rakorda terdiri dari perwakilan Kanwil XVI DJKN Manado dan masing-masing KPKNL di lingkungan Kanwil XVI DJKN Manado yang nantinya akan dibahas bersama-sama. Setelah tim menyusun butir-butir tersebut, selanjutnya tim mempresentasikan butir-butir penting tersebut untuk mendapatkan masukan dari para peserta. Setelah dilakukan diskusi secara intensif, disepakatilah butir-butir penting untuk ditindaklanjuti bersama dan usulan tersebut disampaikan ke Kantor Pusat DJKN.

(Oleh Sumarno, Kasi PKN KPKNL Palu)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini