Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Penggalian Potensi Lelang dan Sosialisasi Penggunaan Kertas Sekuriti di Belitung
N/a
Senin, 30 April 2012 pukul 16:13:32   |   909 kali

Dalam rangka penggalian potensi lelang serta memperkenalkan produk baru dari Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pangkalpinang berupa Kertas Sekuriti (Security Paper), diadakan pertemuan antara KPKNL Pangkalpinang dengan jajaran pimpinan serta staf di lingkungan PT BRI (Persero) se-Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Belitung. Acara diadakan selama dua hari yaitu tanggal 17-18 April 2012, bertempat di ruang rapat PT BRI (Persero) cabang Tanjung Pandan (khusus untuk jajaran PT BRI (Persero) dan di ruang pertemuan hotel Bahamas, Tanjung Pandan untuk jajaran perbankan plat merah dan swasta nasional yang tergabung dalam BMPD Belitung.

Pertemuan pada hari pertama di ruang rapat PT BRI (Persero) cabang Tanjung Pandan dihadiri oleh Pemimpin Cabang (Pinca)  BRI Tanjung Pandan, Anton Palgunadi, Pinca BRI Pangkal Pinang, Huru Priyono, AO senior BRI Sungai Liat, mewakili Pinca Sungai Liat yang sedang Umroh, serta seluruh Kepala Unit BRI Cabang Tanjung Pandan.  Pembawa materi pada acara ini adalah Ferry Hidayat selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pangkalpinang, sedangkan sesi tanya jawab dibawakan langsung oleh Muhammad Syukur, Kepala Kantor KPKNL Pangkal Pinang. Materi dimulai dengan  pengenalan lelang, dari definisi hingga sejarah lelang di Indonesia, jenis layanan lelang di KPKNL Pangkal Pinang serta fokus tentang Hak Tanggungan (HT) sebagai dasar pengguna jasa disektor jasa keuangan perbankan terkait hubungannya dengan pelayanan lelang.  Dalam penggunaan jasa pelayanan lelang HT ini ternyata baru BRI Sungai Liat yang telah menggunakan layanan ini dan berhasil membukukan pokok lelang pada tahun 2011 sebesar Rp1,1M dan pada tahun 2012 (hingga Maret 2012) sebesar Rp250juta. BRI Cabang Pangkalpinang dan BRI Cabang Tanjung Pandan, belum menggunakan jasa ini. Namun tidak menutup kemungkinan, dengan pemaparan tentang SOP layanan lelang serta biaya murah yang ditawarkan apabila menggunakan layanan lelang di KPKNL Pangkal Pinang, pada saatnya BRI Pangkal Pinang dan BRI Tanjung Pandan akan menggunakan jasa ini.

 Dalam pertemuan hari kedua, acara dihadiri oleh jajaran perbankan yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah Belitung. Hadir dalam acara ini, Wakil Kacab Bank Sumsel-Babel M. Said Nasrullah yang mewakili Kacab Bank Sumsel-Babel yang berhalangan hadir karena sakit, Nova Mukti (Kacab Bank Syariah Mandiri Tanjung Pandan),  Natalia Gunadi (Brach Manager Bank Sinarmas Tanjung Pandan), Wahyu P. Nugraha (Kabag Legal Bank Syariah Bangka cab Tanjung Pandan), Patuh Satriaji mewakili Bank Mandiri Tanjung Pandan. Format acara sama dengan pada hari pertama. Pada acara hari kedua ini, peserta cukup heterogen karena terdiri dari perwakilan perbankan yang pernah dan belum pernah sama sekali menggunakan jasa layanan lelang di KPKNL Pangkal Pinang. Diantara yang belum pernah sama sekali adalah BSM Tanjung Pandan, Bank Sinarmas, Bank Syariah Bangka dan Bank Mandiri.  Sedangkan Bank Sumsel-Babel cabang Tanjung Pandan baru saja melaksanakan lelang eksekusi PUPN namun belum menggunakan layanan lelang eksekusi HT.  Dari Tanya-jawab yang diajukan, ternyata belum digunakannya layanan lelang eksekusi HT karena pendekatan penyelesaian piutang bermasalah masih menggunakan pendekatan non eksekusi, berupa upaya persuasif dari perbankan. Namun kami memberikan alternatif layanan apabila pendekatan persuasif gagal, penggunaan layanan lelang HT dapat diajukan pihak perbankan dengan janji layanan (SOP) dan tarif layanan yang transparan yang dapat diakses di http://www.reform.depkeu.go.id/codes/lu/SOP_DJKN.pdf.

Pada akhir acara disetiap pertemuan, KPKNL Pangkal Pinang menginformasikan bahwa untuk pelaksanaan lelang pada Bulan Mei 2012, KPKNL Pangkal Pinang akan menggunakan Kutipan Risalah Lelang menggunakan Kertas Sekuriti (Security Paper). Pada kesempatan tersebut, KPKNL Pangkal Pinang memberikan contoh Kutipan RL menggunakan Kertas Sekuriti yang terdiri atas dua jenis, yaitu untuk barang bergerak dan barang tidak bergerak. Calon pengguna layanan cukup antusias mendapatkan informasi baru ini mengenai Kutipan RL  menggunakan Kertas Sekuriti terlihat lebih modern karena dilengkapi nomor seri dan lebih simple terdiri dari satu lembar. (Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pangkalpinang)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini