Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Berita DJKN

Penilaian SDA di Taman Nasional Ujung Kulon

Selasa, 01 Mei 2012 pukul 08:28:55   |   463 kali

Berbekal pengalaman melakukan uji petik penilaian hutan Lindung Gunung Pinang, Cilegon dan Hutan Produksi Cibaliung yang dilaksanakan pada Tahun 2011, kali ini  Kanwil VI DJKN Serang melakukan  penilaian hutan di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang dilaksanakan tanggal 9 s.d.14 April 2012.

Proses panjang persiapan penilaian ini sudah dilaksanakan sejak awal tahun anggaran 2012 dengan dimotori oleh Kepala Seksi Penilaian Sumber Daya Alam  dan beberapa staf dengan dukungan penuh dari Kepala Bidang Penilaian dan Kepala Kanwil VI DJKN Serang, melakukan koordinasi dengan beberapa instansi antara lain dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon dan Kantor Pusat DJKN Cq. Direktorat Penilaian untuk melakukan asistensi pelaksanaan penilaian hutan ini. Pelaksanaan penilaian  ini diikuti oleh para penilai di Kanwil VI DJKN Serang serta perwakilan penilai dari seluruh KPKNL di lingkungan Kanwil VI DJKN Serang seluruhnya berjumlah 15 peserta dan didampingi Petugas Asistensi dari Direkorat Penilaian sebanyak 2 orang.

Sebelum pelaksanaan penilaian hutan, Penilai di lingkungan Kanwil VI DJKN Serang melakukan pembekalan sekaligus mengingatkan kembali langkah-langkah proses penilaian hutan agar di lokasi para Penilai bisa dengan mudah, cepat, dan cermat mengumpulkan data-data yang diperlukan sehingga proses penilaian dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Adapun dari pihak Balai Taman Nasional Ujung Kulon juga memberikan pembekalan kepada para Penilai tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan seluk-beluk Taman Nasional Ujung Kulon mengingat penilaian kali ini berada di area hutan yang masih asli, sehingga Tim Penilai perlu dibekali informasi sebanyak-banyaknya agar tidak terjadi gangguan maupun hambatan selama memasuki kawasan hutan.

Pelaksanaan penilaian dalam kesempatan pertama dibagi dalam tiga kelompok untuk melakukan ploting di Resort Kopi, Resort Padali, dan Resort Katapang masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang dan didampingi petugas dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon sebagai pemandu jalan sekaligus pengenal flora dan fauna di masing-masing resort. Medan yang cukup berat dan diiringi hujan yang cukup lebat tidak membuat semangat semua anggota Tim surut untuk mengumpulkan data. Ploting hari pertama ini berada di kawasan gunung Honje berjalan dari pagi hingga sore hari.

Pada kesempatan kedua, ploting dilaksanakan di Pulau Peucang. Perjalanan ke Pulau Peucang ditempuh selama kurang lebih 3,5 jam dari Sumur, rombongan tiba di Pulau Peucang pada pukul 12.00 WIB. Ploting berikutnya dilakukan di Cidaun, dengan menyeberang kurang lebih lima menit dari dermaga Pulau Peucang. Untuk pelaksanaan ploting di Pulau Peucang dan Cidaun tim terbagi dalam dua kelompok dan didampingi petugas dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Sampai dengan berita ini ditulis, proses pembuatan laporan penilaian sedang disusun. Tujuan/harapan dari proses penilaian ini adalah agar hasil penilaian memberikan manfaat kepada Kanwil VI DJKN Serang maupun Balai Taman Nasional Ujung Kulon dan masyarakat. (AH/Anggota Tim Penilai)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |