Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kick-off 116 Tahun Lelang: Modernisasi Regulasi dan Layanan Merupakan Kunci
Alief Ibnu Nuzul
Senin, 01 April 2024 pukul 20:23:23   |   341 kali

Jakarta - Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Rionald Silaban membuka rangkaian kegiatan semarak 116 tahun lelang Indonesia pada senin (01/04/24) secara daring. Mengusung tema ”Modernisasi Regulasi dan Layanan Lelang di Era Society 5.0”, kegiatan Semarak 116 tahun Lelang Indonesia akan dilakukan hingga Mei 2024 dan diisi berbagai kegiatan seputar lelang, berupa webinarworkhop lelang hak menikmati, rapat koordinasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Musyawarah Nasional Perkumpulan Pejabat Lelang Negara (PPLN), dan lainnya.

 

“DJKN secara konsisten berupaya mengoptimalkan berbagai fungsi pelaksanaan lelang dengan terus melakukan transformasi dalam digitalisasi lelang,” ungkap Dirjen KN dalam sambutannya. Hal tersebut dilakukan baik dari segi regulasi maupun aplikasi, demi menghadirkan user experience yang semakin baik bagi para pemangku kepentingannya. Rionald mengajak seluruh insan lelang di Indonesia untuk memperkuat sinergi dan kolaborasinya untuk mewujudkan lelang sebagai satu platform jual beli terbaik di Indonesia.

 

Senada dengan Dirjen KN, Direktur Lelang Tavianto Noegroho, mengungkapkan bahwa modernisasi regulasi dan layanan lelang merupakan kunci untuk mewujudkan masyarakat yang berintegrasi secara harmonis dengan teknologi canggih, sehingga mampu mewujudkan peningkatan kualitas hidup bagi semua. “Regulasi harus diperbarui untuk mendukung inisiatif yang memanfaatkan artificial intelegencebig data, dan internet of things  dalam membuat proses lelang lebih transparan, efisien, dan dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat,” jelas Tavianto. Menurutnya, selain untuk melindungi data pribadi dan memastikan keamanan siber, regulasi baru harus dirancang untuk dapat memfasilitasi inovasi dan memungkinkan pengambilan keputusan dengan lebih akurat. melalui hal ini, lelang diharapkan akan turut berperan sebagai sarana penggerak perekonomian masyarakat dan penerimaan negara.

 

Dalam acara Kick-off Semarak 116 Tahun Lelang Indonesia tersebut, dilaksanakan pula webinar “Modernisasi Lelang di Era Society 5.0”. Menghadirkan Dr. Danrivanto Budhijanto dan Prof. Wakhid Slamet Ciptono sebagai narasumber, webinar mendiskusikan current issue lelang dan paradigma proses bisnisnya dalam era society 5.0. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula narasumber Doni Hanafi yang berbagi pengalaman dari e-commerce Tokopedia dalam menyediakan platform layanan yang user-friendly dan sesuai kebutuhan. (alf)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini