Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Family Gathering KPKNL Banjarmasin: Wisata Keluarga dengan Nuansa Pendidikan Alam
N/a
Rabu, 30 Mei 2012 pukul 11:29:35   |   937 kali

Banjarmasin - Memanfaatkan libur panjang, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin bersama dengan Kantor Wilayah XII Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil XII DJKN) Banjarmasin mengadakan kegiatan wisata bersama bertajuk “Family Gathering KPKNL Banjarmasin: Dengan Semangat Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, Jalin Silaturahmi, Tingkatkan Kekeluargaan dan Kekompakan”, pada Hari Kamis, tanggal 17 Mei 2012, bertempat di Objek Wisata Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam, Kecamatan Mandiangin, dan di Taman Wisata Tambela, Kecamatan Aranio, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Acara ini dilaksanakan secara swadaya, dengan seluruh persiapan dilakukan oleh panitia internal.

Acara yang diikuti oleh 140 orang peserta yang berasal dari keluarga besar pegawai KPKNL Banjarmasin dan sebagian pegawai Kanwil XII DJKN Banjarmasin ini dimaksudkan untuk sejenak bersama-sama menjauhkan diri dari hiruk-pikuk dan kesibukan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Menenangkan diri sembari ikut berpartisipasi dan menyukseskan program pemerintah yang dikenal dengan sebutan OBT (One Billion Trees), yaitu kegiatan menanam satu miliar pohon. Tidak hanya itu, kegiatan penanaman pohon ini juga mendidik generasi muda, dalam hal ini anak-anak untuk mulai mencintai dan menjaga/melestarikan alam sekitar.

Acara penanaman pohon ini dimulai secara simbolik oleh Kepala KPKNL Banjarmasin, Samsuddin, yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta di area penanaman lahan kritis yang telah disediakan oleh Dinas Kehutanan Kota Banjarbaru. Peserta sangat antusias, khususnya anak-anak. Semburat ekspresi bahagia terlihat di wajah mereka walaupun panas sudah mulai menyengat dan membuahkan butir-butir peluh. Salah satu motivasi mereka antara lain adalah ingin melihat perkembangan pohon yang telah mereka tanam 5 atau 10 tahun ke depan.

        

Memang, pada kegiatan ini, KPKNL Banjarmasin hanya menanam lebih kurang 100 batang pohon mahoni saja. Namun, KPKNL boleh berbangga karena menjadi instansi pemerintah pertama di wilayah Kalimantan Selatan yang melakukan kegiatan penanam pohon dalam rangka menyukseskan program OBT pemerintah. Partisipasi lebih banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan dan pertambangan. Dalam hal ini, pihak dinas kehutanan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada KPKNL Banjarmasin atas kegiatan penanaman ini dan berharap dapat diikuti oleh instansi lainnya, mengingat lahan kritis di wilayah ini masih cukup banyak, yaitu sekitar 40% dari total wilayah Tahura.

Acara dilanjutkan pada tempat berbeda dengan lokasi penanaman pohon yang berjarak lebih kurang 10 kilometer dari Tahura Sultan Adam. Tempat yang bernama Tambela ini merupakan properti milik Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Riam Kanan, sebuah pembangkit listrik tenaga air yang memanfaatkan waduk riam kanan menjadi salah satu suplai listrik serta air bersih untuk 3 (tiga) wilayah kabupaten/kota utama, yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura.

Di Tambela, para peserta mengikuti outbond yang terdiri dari permainan (games) interaktif yang melatih sikap kerja sama, kreativitas, kepemimpinan, dan lain-lain, yang diperlukan dalam dunia kerja sehari-hari. Di samping permainan interaktif, ada juga permainan yang bersifat ice breaking dan mengundang gelak tawa para peserta. Tidak ketinggalan para ibu-ibu beserta anak-anak turut memeriahkan dan berpartisipasi dalam games yang dimainkan. Dan agar lebih menarik, disiapkan hadiah bagi para pemenang.

    

Permainan dihentikan sementara untuk ishoma, mengingat waktu sudah lewat tengah hari dan makan siang juga telah tersedia. Setelah para peserta beristirahat, permainan pun dilanjutkan hingga pukul 15.00 WITA, dimana para peserta diberikan waktu untuk kegiatan bebas dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di lokasi kegiatan. Sebagian besar peserta memilih untuk menyegarkan badan dengan berenang, sementara sebagian lainnya memilih untuk bersantai sembari mengobrol dengan keluarga pegawai lainnya.

Acara ditutup dengan foto bersama di lokasi, kemudian dilanjutkan dengan persiapan pulang kembali ke Banjarmasin. Melalui acara ini, diharapkan di antara sesama pegawai dapat terjalin rasa kebersamaan, kesetiakawanan, dan tentunya kekerabatan dengan masing-masing keluarga pegawai. Di samping itu, juga diharapkan dapat memecahkan kejenuhan menghadapi rutinitas sehari-hari yang membebani baik pikiran maupun jasmani, sehingga dapat kembali bekerja dengan optimal. (KPKNL Banjarmasin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini