Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pelantikan Anggota PUPN Cabang Kalimantan Selatan dari Unsur Kepolisian Daerah dan Rapat PUPN Cabang
N/a
Senin, 04 Juni 2012 pukul 16:02:47   |   873 kali

Banjarmasin - Dalam rangka menindaklanjuti Keputusan Menteri Keuangan Nomor 59/KM.6/2012 tanggal 21 Maret 2012 tentang Pengangkatan Anggota Panitia Urusan Piutang Negara Cabang Kalimantan Selatan (PUPN Cabang Kalsel) dari unsur kepolisian daerah, Ketua PUPN Cabang Kalsel, Hady Purnomo, untuk dan atas nama Ketua PUPN Pusat, melantik dan mengambil sumpah Komisaris Besar Polisi Iriyanto, Direktur Reserse dan Kriminal Khusus (Direskrimsus) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, sebagai anggota PUPN Cabang Kalsel dari unsur kepolisian pada tanggal 3 Mei 2012 yang bertempat di ruang serba guna Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin. Selain dihadiri oleh sebagian pejabat Eselon III dan IV Kanwil XII Banjamasin dan KPKNL Banjarmasin, acara tersebut  juga dihadiri oleh anggota PUPN Cabang Kalsel lainnya.

Dalam sambutannya Hady Purnomo menyampaikan selamat bergabung kepada Kombes Pol. Iriyanto dan berharap dengan kehadiran anggota PUPN Cabang Kalsel dari unsur kepolisian, akan dapat membuat kinerja PUPN Cabang Kalsel lebih optimal sehingga hasil pelaksanaan pengurusan piutang negara di wilayah Kalsel dapat meningkat.

       

Pada kesempatan itu, secara garis besar Hady Purnomo menyampaikan beberapa hal pokok berkaitan dengan kebijakan terbaru pemerintah di bidang pengurusan piutang negara terutama Roadmap Percepatan Penyelesaian Pengurusan Piutang Negara yang bertujuan menyelesaikan outstanding Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) per 1 Juli 2010 diselesaikan paling lambat pada akhir tahun 2014. Hady juga menjelaskan mengenai outstanding piutang negara lingkup Kalsel dan target penyelesaiannya baik target Piutang Negara Dapat Diselesaikan (PNDS), Biaya Administrasi Pengurusan Piutang Negara (Biad PPN), Piutang Untuk Sementara Belum Dapat Ditagih (PSBDT), produk hukum/aktivitas Pengurusan Piutang Negara maupun target terkait dengan Roadmap Percepatan Penyelesaian Pengurusan Piutang Negara.

Kinerja pengurusan piutang negara untuk wilayah Kalsel tergolong masih rendah. Hal ini menuntut kerja keras semua pihak agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai. Hady berharap anggota PUPN Cabang Kalsel dapat turut memberikan kontribusi pemikiran atau saran/pendapat yang konstruktif dan efektif secara lebih intens.

Setelah acara pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan, acara dilanjutkan dengan rapat PUPN Cabang Kalsel yang dihadiri oleh anggota PUPN Cabang Kalsel dari unsur Kementerian Keuangan yaitu Kepala KPKNL Banjarmasin, Kepolisian yaitu Direskrimsus Polda Kalsel, dan dari unsur Pemerintah Daerah yaitu Kepala Biro Hukum Pemprov Kalsel. Di samping itu rapat juga dihadiri oleh anggota Sekretariat PUPN Cabang Kalsel serta sebagian pejabat Eselon III & IV Kanwil XII DJKN Banjarmasin.

Rapat dibuka dan dipimpin oleh Ketua PUPN Cabang Kalsel, Hady Purnomo.  Hady Purnomo menjelaskan gambaran umum mengenai tugas dan fungsi lembaga PUPN, evaluasi kinerja tahun 2011, evaluasi kinerja tahun 2012 sampai dengan Triwulan I, dan evaluasi atas progress terakhir Roadmap Percepatan Penyelesaian Pengurusan Piutang Negara. Gambaran umum tugas dan fungsi PUPN masih perlu disampaikan mengingat anggota PUPN dari unsur Kepolisian Daerah Kalsel masih baru dan belum mempunyai pengalaman berkaitan dengan PUPN.

Selanjutnya dilakukan pemaparan lebih rinci mengenai outstanding piutang negara baik jumlah dan nilai BKPN serta target pengurusan piutang negara tahun 2012 oleh Sekretaris PUPN Cabang Kalsel Samsuddin. Kepala KPKNL Banjarmasin ini juga menjelaskan kendala terbesar pencapaian target pengurusan piutang negara, yaitu berkaitan dengan pencairan barang jaminan hutang yang terkendala dengan  lokasi tidak strategis, bukti kepemilikan yang tumpang tindih dan berupa hamparan luas tanpa jelas batas-batasnya. Dalam kesempatan rapat ini, Samsuddin juga memaparkan beberapa BKPN high profile. Anggota PUPN Cabang Kalsel dan peserta rapat yang lain secara proaktif memberikan saran/pendapat terkait dengan dua permasalahan BKPN tersebut. Saran dan pendapat hasil diskusi pada rapat PUPN Cabang Kalsel ini akan ditindaklanjuti oleh KPKNL Banjarmasin dan progress serta hasilnya akan disampaikan pada forum rapat PUPN Cabang Kalsel berikutnya. (Kanwil Banjarmasin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini