Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Workshop Penilaian Tanah dalam Rangka Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum
N/a
Kamis, 11 Desember 2014 pukul 13:00:41   |   1613 kali

Jakarta – Rabu, 10 Desember 2014, Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN mengadakan workshop dengan tema “ Penilaian dalam Rangka Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum”. Acara ini diadakan sebagai wujud Contious Improvement pada bidang Penilaian agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para Penilai, baik Penilai Pemerintah maupun Penilai Publik dan juga sebagai tindak lanjut atas berlakunya UU No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum beserta Peraturan Pelaksanaannya. Dalam acara ini juga diundang delegasi dari Jawatan Penilaian dan Pengkhidmatan Harta (JPPH), Kementerian Keuangan Malaysia yang sekaligus akan menjadi narasumber yaitu Nordin bin Daharom, Deputy Director-General (Management) Valuation & Property Services Departement dan Khuzaimah binti Abdullah, Director of National Property Information Centre dengan harapan dapat memberikan experience sharing mengenai proses pengadaan tanah dan praktik penilaian pengadaan tanah yang berlaku di Malaysia. Selain kedua narasumber di atas, sebagai narasumber lainnya adalah M. Noor Marzuki, Direktur Pengadaan Tanah Wilayah I, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Republik Indonesia serta Ir. Hamid Yusuf, Ketua Umum Masyarakat Penilai Publik Indonesia (MAPPI).

Acara yang dihadiri oleh instansi-instansi terkait ini resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto. Dalam pidato sambutannya Hadiyanto menyampaikan bahwa penilaian terkait pengadaan tanah di tiap negara berbeda, sehingga workshop seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Penilai di Indonesia dalam menentukan nilai ganti rugi yang memadai. Pada kesempatan pertama diberikan kepada M. Noor Marzuki untuk menyampaikan materi workshop dengan judul “Reformasi Peraturan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum”. Dalam pemaparannya, Marzuki menyebutkan alasan banyaknya proyek pemerintah tersendat hingga bertahun-tahun dikarenakan permasalahan pembebasan tanah masyarakat yang tidak kunjung selesai. Atas dasar itulah akhirnya dibentuk UU No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum dengan harapan menjadi problem solving dalam memecahkan masalah pembebasan tanah masyarakat sehingga nantinya dapat mempercepat proses pengadaan tanah untuk pembangunan.

Selanjutnya pada sesi kedua, ditekankan bahwa Penilaian dalam rangka pembebasan tanah masyarakat selain kerugian fisik Penilai juga perlu memperhatikan adanya kerugian non fisik yang akan diterima oleh pemilik tanah. Sebagai variabel dalam menentukan kerugian biaya non fisik adalah kerugian karena kehilangan usaha, kerugian emosional, biaya transaksi, biaya masa tunggu, kerugian sisa tanah dan variabel-variabel lainnya. Kerugian non fisik tersebut menjadi salah satu penentu Nilai Tanah yang akan dibebaskan. Pada sesi ini peserta tampak mendengarkan dengan khidmat presentasi yang disampaikan oleh Ir. Hamid Yusuf, Ketua Masyarakat Penilai Publik Indonesia (MAPPI).

Delegasi dari Malaysia menjadi pengisi acara berikutnya, pada kesempatan tersebut Mr. Nordin bin Daharom mendapat kesempatan dahulu untuk menyampaikan materi kemudian dilanjutkan Mrs. Khuzaimah binti Abdullah. Pada kesempatan tersebut disampaikan mengenai pengadaan tanah yang ada di Malaysia. Terdapat tiga kondisi negara dapat mengambil tanah milik individu yaitu untuk kepentingan umum, kemajuan ekonomi, dan keperluan Residensial & Industri. Masyarakat  yang dibebaskan tanahnya akan mendapatkan biaya kompensasi yang layak. Perbedaan yang terlihat menurut penuturan Mr. Nordin bin Daharom adalah bahwa pemilik tanah tidak boleh menolak ketika tanahnya akan dibebaskan untuk kepentingan negara. Walaupun kedua narasumber menggunakan dialek khas Melayu namun para peserta terlihat serius mendengarkan ketika materi sedang disampaikan. Hal ini diharapkan menjadi tambahan pengalaman bagi para peserta yang mengikuti acara workshop ini.

Acara workshop diakhiri dengan diskusi panel antara para narasumber dan peserta yang hadir. rangkaian kegiatan Kunjungan kerja dari delegasi JPPH Malaysia masih akan dilanjutkan keesokan harinya dengan pertemuan  pimpinan JPPH Malaysia dengan Direktur Jenderal Kekayaan Negara beserta jajarannya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan dapat memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat bagi para peserta.

 

Teks : Chandra/Foto : Owill

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini