Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kanwil IX DJKN Semarang Menggugah Semangat Pemeriksa dan Juru Sita Piutang Negara Melalui Capacity Building Menuju Zero Outstanding 2014
N/a
Selasa, 19 Juni 2012 pukul 17:14:43   |   539 kali

Yogyakarta - Pada tanggal 11 s. d. 12 Juni 2012, bertempat di ruang serba guna Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta, Kantor Wilayah (Kanwil) IX DJKN Semarang menyelenggarakan pembinaan berupa program Capacity Building bagi Petugas Pemeriksa dan Juru Sita Piutang Negara di lingkungan Kanwil IX DJKN Semarang yang bertema “Dengan Membangun Kualitas Pemeriksa dan Juru Sita Piutang Negara yang Berlandaskan pada Nilai-Nilai Kementerian Keuangan, Kita Optimalisasikan Capaian Target Zero Outstanding Piutang Negara pada Tahun 2014”. Program ini diselenggarakan sebagai bentuk respon dan concern Kanwil IX DJKN Semarang terhadap roadmap DJKN di bidang pengurusan piutang negara yaitu percepatan penyelesaian pengurusan piutang negara menuju zero outstanding pada tahun 2014.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang (Kabid) Piutang Negara Kanwil IX DJKN Semarang Suyanto yang mewakili Kepala Kanwil (Kakanwil) IX DJKN Semarang yang dilanjutkan dengan pengarahan kepada peserta dan sambutan oleh Kepala KPKNL Yogyakarta Irawan selaku tuan rumah penyelenggaraan acara.

       

Pada inti acara materi pemeriksaan dan kejurusitaan disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Piutang Negara II Kanwil IX DJKN Semarang Prastowo Soebagio. Peserta yang hadir berjumlah 33 peserta yang terdiri dari seluruh Kasi Piutang Negara, Petugas Pemeriksa, dan Juru Sita di lingkungan Kanwil IX DJKN Semarang. Materi  kejurusitaan yang disajikan meliputi surat paksa, penyitaan, dan pemeriksaan.

Selain materi tersebut di atas, dalam kesempatan itu juga disampaikan sosialisasi tentang Nilai-Nilai Kementerian Keuangan sebagai dasar untuk membekali Petugas Pemeriksa dan Juru Sita Piutang Negara agar dalam menjalankan tugasnya selaras dengan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Dari hasil kuesioner yang telah diisi oleh peserta Capacity Building di akhir kegiatan, pada umumnya peserta menyatakan kepuasannya dan menghendaki agar kegiatan pembinaan serupa dapat diselenggarakan secara periodik serta dapat diperpanjang waktu pelaksanaannya. Para peserta menilai bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan serupa dapat bermanfaat dalam upaya menyamakan persepsi/keseragaman dalam bertindak sebagai Petugas Pemeriksa dan Juru Sita Piutang Negara serta memperbanyak studi kasus sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan para peserta dalam melaksanakan tugas percepatan penyelesaian piutang negara menuju zero outstanding 2014. (Hendra Adiwibowo – staf bidang Piutang Negara Kanwil IX DJKN Semarang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini