Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Lelang Internet Perdana Laku 940%
N/a
Rabu, 08 Oktober 2014 pukul 11:21:52   |   1762 kali

Jakarta – Direktur Lelang Purnama T. Sianturi, selaku kuasa dari Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Hadiyanto, melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta II, melaksanakan uji coba lelang non eksekusi sukarela dengan cara penawaran melalui internet (lelang internet – red). Lelang internet dilaksanakan secara langsung pada Rabu (8/10/2014) di Ruang Lelang KPKNL Jakarta II. Kepala Kanwil DJKN Jakarta Tri Intias Wati bersama perwakilan Kepala Bidang dan Kepala KPKNL, Kasubdit Bina Profesi dan Jasa Lelang (BPJL) Kurnia Ratna Cahyati, Kasubdit Bina Lelang I Direktorat Lelang Isti Indrilistiani turut menghadiri lelang internet perdana tersebut. Perwakilan dari Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi turut hadir untuk memantau penggunaan Aplikasi Lelang Internet (ALI).

KPKNL Jakarta II melakukan uji coba lelang barang bergerak dengan penawaran melalui internet berupa 1 (Satu) buah dasi merk Salvatore Ferragam dengan harga limit Rp 500.000 dan 1 (Satu) buah dasi merk Burberry dengan harga limit Rp 500.000. Kedua objek lelang tersebut milik Dirjen Kekayaan Negara Hadiyanto yang menjadi penjual pertama melalui lelang dengan penawaran via internet. Purnama T. Sianturi selaku Direktur Lelang dalam sambutannya mengatakan lelang internet merupakan pengembangan dari lelang e-mail. Pada Lelang e-mail peserta lelang tidak dapat mengetahui harga barang yang ditawar oleh peserta lain. Hingga dalam kondisi tertentu peserta lelang tidak dapat memberikan penawaran dengan maksimal. Melalui lelang internet peserta dapat melihat perkembangan penawaran secara langsung melalui ALI. "Dengan demikian pejabat lelang dan peserta lelang seolah-olah hadir langsung dalam proses lelang," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan lelang internet bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan lelang serta meminimalisasi permasalahan yang ada di lelang e-mail. Hanya saja lelang internet belum memiliki peraturan teknis yang resmi. Meskipun demikian lelang internet merupakan peningkatan signifikan dari jenis penawaran lelang e-mail sebelumnya. Pelaksanaan lelang internet yang baik akan meningkatkan minat masyarakat terhadap lelang.

Lelang internet perdana berhasil menjual objek lelang dengan harga fantastis. Pejabat lelang KPKNL Jakarta II Novy Adji Widjajanti berhasil melelang satu buah dasi merk Salvatore Ferragamo dengan harga limit Rp500.000 sebesar Rp 4.700.000 atau naik 940%. Sedangkan satu buah dasi merk Burberry dengan harga limit Rp500.000 berhasil dilelang dengan penawaran akhir Rp3.950.000 atau 790%. (humas)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini