Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pemaparan Laporan Penilaian, Membuka Wawasan
N/a
Rabu, 01 Oktober 2014 pukul 16:35:24   |   1529 kali

Pekanbaru – Bidang Penilaian Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN Riau, Sumbar dan Kepri) konsisten dengan tradisi memaparkan Laporan Penilaian Barang Milik Negara (BMN). Pemaparan dilakukan oleh Tim Penilai Internal Kanwil DJKN Riau, Sumbar dan Kepri. Tommy Darmawan, Junjungan Helmut Bako, dan Wely Putri Melati memaparkannya di depan para penilai internal di lingkungan Kanwil DJKN Riau, Sumbar dan Kepri.  Pemaparan digelar di Ruangan Bidang Penilaian Kanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri pada Rabu (1/10).

Pemaparan kali ini mengupas penilaian BMN berupa sebagian tanah yang akan disewakan pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Pekanbaru seluas 300 m2. Sebagai informasi objek penilaian berada di area Central Business District Kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 440.

Tim Penilai Internal Kanwil DJKN Riau Sumbar dan Kepri menyajikan dua buah Laporan Penilaian. Satu laporan menyajikan nilai sewa wajar atas sebagian tanah dan satu lagi laporan sewa BMN dengan menggunakan formula tarif sewa pada PMK Nomor 33/PMK.06/2012 tentang Tata Cara Pelaksanaan Sewa BMN.

Satu hal yang menarik dalam pembahasan adalah penyesuaian terhadap faktor aksesibilitas properti. Tim Penilai melakukan penyesuaian terhadap aksesibilitas karena adanya lahan parkir yang menghalangi. Beberapa peserta mempertanyakan mengenai apakah lahan parkir dapat dijadikan faktor penyesuaian, padahal lahan parkir dapat diasumsikan tidak permanen, terutama dalam konteks lahan parkir liar. Menanggapi pertanyaan itu Tim Penilai berasumsi pada kondisi saat penilaian. “Kita menilai berdasarkan kondisi saat tanggal penilaian, jika saat penilaian ada lahan parkir (yang menghalangi-red) ya kita lakukan penyesuaian,” pungkas Tommy Darmawan menjawab pertanyaan tersebut.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Tim Penilai guna penyempurnaan Laporan Penilaian dan mewujudkan kewajaran nilai sewa demi penerimaan negara yang optimal. (Timothée K.M.)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini