Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kualitas Penilai Internal Harus Kredibel
N/a
Selasa, 23 September 2014 pukul 09:31:08   |   1297 kali

Medan – Penilai-penilai internal di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Sumatera Utara harus terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan  dan kualitas diri di bidang penilaian sehingga ke depan dengan semangat transformasi kelembagaan DJKN, siap bersaing dengan penilai-penilai internal dan penilai-penilai eksternal di luar DJKN. Demikian harapan Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara Hady Purnomo saat membuka In House Training dan Quality Assurance untuk penilai internal di lingkungan Kanwil DJKN Sumatera Utara, pada 8 September 2014 bertempat di Aula Kanwil DJKN Sumatera Utara. Ia juga memberi apresiasi yang positif kepada Bidang Penilaian Kanwil DJKN Sumatera Utara atas terselenggaranya acara ini.

Acara yang berlangsung selama lima hari, 8-12 september 2014, ini dibagi beberapa sesi. Hari pertama, diisi pemaparan tentang konsep dasar penilaian dan pendekatan data pasar yang disampaikan oleh Kepala Seksi Penilaian I Bidang Penilaian Kanwil DJKN Sumatera Utara Alexander Ginting. Dilanjutkan pemaparan pendekatan pendapatan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan Harsono.

Pemaparan pendekatan biaya yang disampaikan oleh Kepala Seksi Penilaian II Bidang Penilaian Kanwil DJKN Sumatera Utara Esap Mundi Hartono membuka acara di hari kedua. Dilanjutkan pemaparan tentang Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 179/2009 yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Padang Sidimpuan Kusnawan Sigit. Kepala Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Kisaran M. Bukhari, pada sesi berikutnya, memaparkan PMK Nomor 180 dan 185/2009, sedangkan pemaparan tentang PMK Nomor 98/2010 disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Pematang Siantar Dhanu Abdul Khobier. Hari kedua ditutup dengan materi PMK Nomor 02/2014 tentang Pelaporan Penilaian dan Standar Pelaporan yang diisi oleh Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Sumatera Utara Ari Fitri Mahesa.

Pada hari ketiga dan keempat diisi berbagai macam kegiatan antara lain entry briefing, penjelasan maksud dan tujuan penilaian, overview hasil quality assurance  2011-2013, current issue dan hal-hal lain yang dianggap penting, dimana serangkaian acara ini dipandu oleh tim dari Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN yang pimpin oleh Kepala Subdit Standarisasi Penilaian Bisnis dan SDA (SPBSDA) Indra Safri yang diikuti oleh seluruh peserta dengan penuh antusias. Ujian kompetensi penilaian menutup rangkaian acara ini.   

Bersama Kita Bisa. Bravo DJKN ! Bravo Kanwil DJKN Sumatera Utara ! Horas !. (Penulis dan Fotografer Tri Feriandi, Editor: Sumarsono/jh)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini