Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Inovasi Untuk Atasi Hambatan
N/a
Kamis, 11 September 2014 pukul 07:50:03   |   1555 kali

Jakarta - Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Hadiyanto hadir menjadi saksi dalam pelantikan Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif (CEO) Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Menteri Keuangan Chatib Basri melantik Ngalim Sawega sebagai Ketua Dewan Direktur LPEI (9/9/2014) untuk masa jabatan 2014-2019 di Gedung Juanda I, jl. Dr. Wahidin No. 1, Jakarta. Ngalim Sawega menggantikan I Made Gede Erata yang telah menyelesaikan masa tugasnya. Sekretaris DJKN Dodi Iskandar, Tenaga Pengkaji Optimalisasi Kekayaan Negara Tio S. Siahaan dan Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Dedi Syarif Usman turut menghadiri pelantikan tersebut.

Chatib Basri dalam sambutannya memberikan arahan agar LPEI terus berinovasi dalam melakukan pembiayaan ekspor. "Dedikasi dan kemampuan untuk mencari peluang, serta inovasi untuk mengatasi hambatan, menjadi penting," kata Chatib. Salah satu yang masih harus diwaspadai untuk tahun depan adalah perkembangan ekonomi Tiongkok yang menurun menjadi 7,5%.  Dengan melambatnya ekonomi Tiongkok perlu adanya inovasi produk LPEI dengan daya saing serta penetrasi pasar ekspor baru, hingga neraca perdagangan tidak terganggu perlambatan. "Tiongkok adalah partner kita, terutama ekspor. Kita paling besar ekspor ke sana," ujarnya.

Perekonomian Indonesia memerlukan inovasi agar dapat menahan turunnya kinerja ekspor yang dapat menyebabkan defisit dalam neraca perdagangan dan neraca transaksi berjalan. "Meskipun ini bukan semata-mata tugas LPEI, namun peran LPEI dalam meningkatkan daya saing dan meningkatkan laju ekspor nasional harus dilakukan", ujar Chatib. Kepada I Made Gede Erata Menteri Keuangan mengucapkan terimakasih atas pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan. Chatib juga mengucapkan selamat bertugas kepada Ngalim Sawega, Ketua Dewan Direktur LPEI yang baru. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini