Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Balikpapan dan Pemkot Bersinergi Selesaikan Penghapusan BMD
N/a
Selasa, 09 September 2014 pukul 18:03:17   |   1204 kali

Balikpapan - Lelang penghapusan aset bukan hanya sebagai tindak lanjut dalam laporan keuangan dan barang tetapi juga memaksimalkan pendapatan negara dalam bentuk penjualan barang yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan melalui pejabat lelang kelas I Yuseri melaksanakan lelang bongkaran gedung dan 15 tower milik Pemerintah Kota Balikpapan pada 3 September 2014 di ruang rapat Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Kota Balikpapan.

Sekretaris BPKAD Kota Balikpapan M. Irawan Fazurachman bertindak sebagai penjual dalam lelang ini. Lelang bongkaran aset Pemkot Balikpapan dapat menjadi awal kerja sama antara Pemkot Balikpapan dengan KPKNL Balikpapan dalam hal pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) baik dalam hal penilaian maupun penghapusan.

“Saya berharap pelaksanaan lelang nanti dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta fair mengajukan penawaran,” tegas Irawan saat membuka pelaksanaan lelang. Irawan juga berpesan kepada peserta yang nantinya ditunjuk sebagai pemenang oleh pejabat lelang agar segera menyelesaikan kewajibannya. Hal ini dimaksudkan agar proyek pengadaan gedung selanjutnya dapat segera dimulai mengingat sudah pertengahan triwulan III 2014.

Barang bergerak yang menjadi objek pada lelang ini berupa beberapa bangunan gedung Dinas Perhubungan Kota Balikpapan yang dijual satu paket dan 15 unit tower yang dijual satu paket. Perserta yang dinyatakan sah dan berhak mengajukan penawaran berjumlah 8 orang. Masing-masing lot barang diikuti oleh 4 peserta.

“Sebelum risalah lelang dibacakan mohon kepada peserta mendengarkan dengan seksama karena berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai peserta dan yang nantinya ditunjuk sebagai pemenang lelang,” jelas pejabat lelang KPKNL Balikpapan Yuseri sebelum membacakan risalah. Lelang berjalan dengan seru terjadi perlawanan yang sengit antar peserta lelang dalam mengajukan penawaran. Peserta atas nama Hasanuddin ditunjuk sebagai pemenang lelang Gedung Dishub dengan harga lelang 22 juta dari limit 15 juta dan Basuni sebagai pemenang lelang 15 unit tower dengan harga lelang 27 juta dari limit 24 juta.

Sebagai penutup pelaksanaan lelang, Irawan menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang dengan tertib mengikuti kegiatanan tersebut. Ia berharap semoga lelang bongkaran aset Pemkot Balikpapan ini dapat menjadi awal kerja sama antara Pemkot Balikpapan dengan KPKNL Balikpapan ini dapat berjalan terus terutama dalam hal pengelolaan BMD. (Penulis: gaspar  foto : gaspar/edited/bas)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini