Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Survei Database Harga Properti
N/a
Selasa, 09 September 2014 pukul 10:25:15   |   1129 kali

Padang - Kepala KPKNL Padang telah menugaskan Decky Fitriadi, staf di Seksi Pelayanan Penilaian untuk mendampingi petugas dari Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) untuk melaksanakan survei database harga properti. Decky mendampingi tim kanwil 27 - 28 Agustus 2014. Dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan survei harga properti ini telah diperoleh data-data harga jual dan penawaran properti di Kota Padang dan sekitarnya. Kegiatan ini adalah tindaklanjut surat Kepala Kanwil DJKN RSK perihal Permintaan Tugas Pendamping untuk Survei Database Harga Properti di Kota Padang.

Selain itu, dapat pula diketahui adanya perbedaan harga-harga properti di suatu wilayah kecamatan, jalan dan kawasan. Misalnya di sepanjang Jalan By Pass yang merupakan zona hijau (relatif aman dari ancaman gempa diikuti tsunami) harganya melonjak tinggi dibandingkan dengan sebelum terjadi gempa bumi Tahun 2009. Kenaikan harga ini dipicu oleh tingginya permintaan lahan di sepanjang Jalan By Pass untuk perkantoran pemerintah dan ruko-ruko. Apalagi Pemerintah Kota Padang telah memindahkan kantor sebagai Pusat Pemerintahannya di daerah By Pass. Belum lagi proyek pemerintah yang sedang membangun Jalan By Pass dua jalur yang akan meningkatkan aksesibilitas yang otomatis melesatkan harga properti di sekitarnya.

Sebaliknya penurunan harga-harga properti secara signifikan dialami oleh properti-properti yang berdekatan dengan garis pantai akibat ketakutan masyarakat akan ancaman gempa diikuti tsunami pasca terjadinya gempa bumi 2009. Hingga menurunkan permintaan masyarakat akan lokasi hunian berdekatan dengan garis pantai.

Tingginya harga properti juga ditemui di sekitar kawasan Kampus Universitas Andalas. Hal ini antara lain dimungkinkan karena tingginya permintaan lahan untuk pembangunan kost mahasiswa seiring dengan meningkatkan jumlah mahasiswa dari luar kota yang otomatis meningkatkan permintaan jumlah kamar kost.

Selanjutnya data harga properti akan diolah dan diinput ke dalam Database Harga Properti oleh Kanwil DJKN RSK. Database akan dipakai oleh Penilai Internal DJKN untuk memudahkan pelaksanaan tugas penilaian properti. Penilaian dapat dapat berupa penilaian BMN atau penilaian aset barang jaminan eks. BPPN/BDL untuk keperluan lelang eksekusi atau menentukan nilai wajar kantor-kantor pemerintah. (Penulis : Decky Fitriadi, Seksi Pelayanan Penilaian)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini