Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Gebyar Lelang Properti
N/a
Senin, 08 September 2014 pukul 14:50:29   |   1292 kali

Batam -  Kantor Pelayanan  Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam sukses melaksanakan lelang Eksekusi Hak Tanggungan atas permohonan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero cabang Batam. Acara yang dilaksanakan pada kamis, 04 September 2014 berlangsung meriah dihadiri oleh banyak peserta lelang. Pelaksanaan lelang dimulai pukul 10.00 WIB di aula kantor BTN cabang Batam, jalan engku Putri Batam Center. Irwan Kusuma, pejabat lelang KPKNL Batam mengawali dengan menjelaskan tata cara pelaksanaan lelang dan pembacaan kepala risalah lelang.

Masyarakat kota Batam sangat antusias mengikuti pelaksanaan lelang eksekusi hak tanggungan, mengingat tingginya kebutuhan akan rumah tinggal di kota Batam. Terbukti dari banyaknya peserta yang hadir memenuhi ruang aula Bank BTN cabang Batam. Dalam pelaksanaan lelang terdapat 17 unit rumah tinggal dengan berbagai tipe yang dijual. Proses penawaran lelang menggunakan metode harga naik-naik. Pelaksanaan lelang berlangsung sangat seru, saat Pejabat Lelang membuka sesi penawaran terjadi persaingan harga sangat ketat di berbagai item yang ditawarkan. Peserta menyimak dengan teliti setiap kenaikan harga yang terjadi hingga di akhir barang yang berhasil dilelang sebanyak 7 unit dan PNBP yang disetorkan ke kas negara dari bea lelang yang dihasilkan sebesar Rp.90.510.000.

Dalam sesi wawancara, Jimmy salah seorang pemenang lelang mengungkapkan kegembiraannya mengikuti lelang. Menurutnya, ini pertama kalinya saya mengikuti pelaksanaan lelang dan langsung menjadi pemenang. Ternyata jual beli dengan cara lelang itu sangat mudah, kami sebagai peserta tinggal mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan dalam pengumuman Koran  dan itu sangat “user friendly” mudah dipahami oleh peminat lelang meskipun baru pertama mengikuti saya tidak merasa kerepotan. Selain itu, proses transaksi yang terjadi tertata dengan baik dan akuntabel. Peserta lelang  hanya perlu transfer ke bank yang ditunjuk sebagai penampung lelang dan seandainya tidak menangpun uang jaminan peserta bisa langsung ditransfer balik oleh bank. “Sebagai peserta merasa transaksi kami aman” ungkap Jimmy.

Sementara itu, PT BTN menyatakan terimakasih kepada KPKNL Batam untuk kerjasama lelang hak tanggungan ini. Bank BTN sangat terbantu dalam melaksanakan penjualan barang hak tanggung karena bisa membantu mereka dalam hal penyelesaian eksekusi hak tanggungan. Dalam hal ini kami memilih prosedur lelang melalui KPKNL Batam, karena bisa mendatangkan banyak keuntungan, dan banyaknya peminat yang bisa dikumpulkan dalam satu waktu, harga yang dihasilkan sangat kompetitif dan proses pelaksanaanya mudah dimengerti oleh pembeli. Harapannya semoga kerjasama ini terus terjalin dengan baik.

Kepala Seksi Lelang KPKNL Batam, Dedi Christanto menambahkan bahwa lelang kali ini sangat membantu dari sisi frekuensi dan bea lelang. Karena dengan pelaksanaan lelang ini pencapaian pokok lelang KPKNL Batam menyentuh 135% dari target yang ditetapkan.(Red)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini