Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kreasi Dari Ujung Negeri
N/a
Jum'at, 05 September 2014 pukul 12:19:54   |   1001 kali

Banda Aceh - Berada di ujung negeri tidak menyurutkan langkah Kanwil DJKN Aceh untuk berkreasi. Di sela-sela pelaksanaan uji kualitas Penilai Internal DJKN (27/8), Joko Prihanto meluncurkan secara resmi penggunaan aplikasi karya Bidang Penilaian Kanwil DJKN Aceh, Sistem Informasi Penilaian Aceh Ver.01 atau SIPENA Ver.01. Peluncuran aplikasi ini menandai digunakannya secara resmi aplikasi ini dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Bidang Penilaian Kanwil DJKN Aceh serta jajaran di bawahnya. Pada kesempatan tersebut, Joko Prihanto menyatakan bahwa aplikasi dibuat semata-mata untuk memenuhi kebutuhan internal yang mendesak.

Mardhanus Rudiyanto Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Aceh menuturkan bahwa SIPENA Ver.01 merupakan database management system yang di dalamnya berisi data dan informasi terkait penilai, laporan penilaian, dan pelaksanaan penilaian. Aplikasi ini memanfaatkan fitur Microsoft Office Access yang merupakan program aplikasi basis data komputer relasional  yang digunakan untuk merancang, membuat, dan mengolah berbagai jenis data.

Latar belakang pembuatan aplikasi ini diantaranya karena beberapa kebutuhan. Pertama karena adanya kewenangan Kanwil DJKN dalam pembinaan Penilai di Kanwil DJKN dan KPKNL di wilayah kerjanya, dibutuhkan pemetaan penilai, terutama dari latar belakang pendidikan formal serta pendidikan dan latihan penilaian. Pemetaan penting dalam menentukan arah kebijakan pembinaan seperti penentuan materi in house training/knowledge sharing, pengiriman penilai dalam diklat, dan penugasan penilai untuk menilai objek yang membutuhkan keahlian khusus seperti penilaian material pada bangunan yang akan dibongkar dan penilaian bisnis.

Kedua, jumlah laporan penilaian yang semakin bertambah serta kebutuhan informasi laporan penilaian yang cepat dan akurat, mendorong Kepala Kanwil DJKN Aceh menginstruksikan digitalisasi laporan penilaian. Menjawab kebutuhan tersebut, di dalam SIPENA Ver.01 disajikan informasi ringkasan laporan penilaian termasuk tanggal masa berlaku laporan serta lampiran (attachment) berupa softcopy laporan penilaian. Adapun untuk memenuhi kebutuhan peminjaman fisik laporan penilaian, aplikasi ini mengadopsi fitur perpustakaan yang memfasilitasi pencarian laporan penilaian, peminjaman dan pengembalian fisik laporan penilaian, monitoring laporan yang berada dalam peminjaman, dan informasi historis peminjaman laporan.

Ketiga, kebutuhan untuk menentukan langkah-langkah penggalian potensi penilaian terbantu oleh aplikasi ini dengan informasi grafis trend perkembangan laporan penilaian ditinjau dari jumlah, jenis penilaian, dan pemohon penilaian. Menyadari bahwa pelaksanaan penilaian juga melibatkan anggota tim penilai yang berasal dari luar Bidang Penilaian/Seksi Pelayanan Penilaian, SIPENA Ver.01 menyajikan informasi jumlah laporan penilaian yang dibuat oleh masing-masing anggota tim penilai dan memfasilitasi pembuatan daftar pelaksanaan penilaian yang wajib dibuat oleh masing-masing anggota tim penilai setiap semester. “Dengan aplikasi ini anggota tim penilai tidak perlu mengetik lagi data laporan penilaian, cukup meneliti dan tanda tangan saja,” ujar Mardhanus.

Data dan informasi SIPENA Ver.01 dengan didukung Microsoft Outlook dapat dikirim melalui e-mail dengan berbagai pilihan format keluaran seperti excel (*.xls), pdf format (*.pdf), atau rich text format (*.rtf). SIPENA dibuat oleh programmer yang juga merupakan user, sehingga SIPENA akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan. Dalam waktu dekat, SIPENA Ver.01 akan dikembangkan untuk dapat menjawab kebutuhan monitoring pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) Penilaian.

Kepala KPKNL Banda Aceh, Rofii Edy Purnomo yang hadir pada peluncuran aplikasi SIPENA Ver.01 menyambut baik pembuatan SIPENA untuk menunjang tugas dan fungsi Seksi Penilaian KPKNL. Lebih lanjut dirinya menyatakan kesiapan KPKNL untuk membantu Kanwil DJKN Aceh dalam pengembangan aplikasi berbasis komputer lainnya.  (Narasi/Foto: Eko Priyantara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini