Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Tingkatkan Kompetensi dan Sinergi Penilai Pemerintah
N/a
Rabu, 20 Agustus 2014 pukul 08:23:45   |   1098 kali

Pekanbaru - Senin, 18 Agustus 2014 Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) menyelenggarakan Rapat Pembentukan Pengurus Ikatan Penilai Pemerintah Indonesia (IPPI) Cabang Riau. Perwakilan dari Kanwil Direktorat Pajak Riau dan Kepri dan Kanwil BPN Riau turut menghadiri rapat di Ruang Rapat Kanwil DJKN RSK. Kepala Kanwil DJKN RSK Lukman Effendi, Kepala Bidang Penilaian beserta staf, Kepala KPKNL Pekanbaru juga hadir dalam rapat yang memiliki tujuan menyusun pengurus IPPI Cabang Pekanbaru yang akan disahkan oleh IPPI pusat.Pengurus IPPI adalah sinergi dari 3(tiga) unit instansi, yaitu DJKN, DJP, dan BPN.

Lukman menyampaikan harapan, “Semoga dengan adanya IPPI, kompetensi dan kerja sama antara Penilai di lingkungan pemerintah dapat ditingkatkan.” M. Nahdi, Kabid Penilaian Kanwil DJKN RSK menyampaikan latar belakang terbentuknya IPPI yang merupakan hasil musyawarah nasional pada akhir tahun 2013 yang dihadiri oleh penilai dari DJKN, BPN, dan DJP. Menurut Peraturan Pemerintah  Nomor 27/2014, penilai terbagi menjadi penilai pemerintah dan penilai publik. Penilai publik telah memiliki wadah tersendiri yaitu, Masyarakat Penilai Publik Indonesia (MAPPI). Hingga perlu membentuk organisasi untuk menaungi seluruh penilai pemerintah agar terkoordinasi dan terus dapat meningkatkan kompetensinya. Lima bulan setelah deklarasi tersebut, terbit akta notaris 19 Maret 2014. IPPI pusat menginstruksikan pembentukan pengurus IPPI cabang yang berada di 12 provinsi, dan Riau menjadi salah satu di antaranya.

Chistiyanto, Kepala Bidang Dukungan Teknis dan Konsultasi Kanwil DJP Riau dan Kepri, mewakili Kepala Kanwil DJP Riau dan Kepri menyatakan siap bergabung menjadi pengurus. Chistiyanto berharap dengan IPPI, penilai pemerintah dapat lebih yakin dalam menjalankan tugas di lapangan serta hasil penilaian dapat dipertanggungjawabkan di depan hukum. Kasi SPT Bren Hardi mewakili Kepala Kanwil BPN Riau yang berhalangan hadir. Bren juga menyatakan kesediaan pimpinannya untuk bergabung dan mendukung terbentuknya IPPI Cabang Riau. Dukungan tersebut langsung diberikan dengan menyerahkan data penilai yang dimiliki oleh Kanwil BPN Riau.

Susunan pengurus yang akan diusulkan ke IPPI pusat yaitu, Kakanwil DJKN RSK sebagai Ketua Umum, Kakanwil DJP Riau dan Kepri sebagai Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II dijabat oleh Kakanwil BPN Riau. Untuk memudahkan koordinasi Kabid Penilaian Kanwil DJKN RSK menjabat sebagai sekretaris, dan bendahara oleh Wahyu Purnomo, Kepala KPKNL Pekanbaru. Di akhir pertemuan, salah satu penilai yang hadir menyampaikan saran agar peraturan mengenai hak dan kewajiban anggota IPPI semakin jelas, sehingga setiap penilai pemerintah dapat mengetahui manfaat keberadaan IPPI itu sendiri. (N. Cepaka Sari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini