Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Motivasi adalah Semangat yang Berasal Dalam Diri
N/a
Kamis, 19 Juni 2014 pukul 15:48:31   |   1789 kali

Bandar Lampung – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung Hery Pramono membuka kegiatan in house training yang diikuti seluruh pegawai pada Selasa, 10 Juni 2014 di ruang lelang KPKNL Bandar Lampung. Dalam sambutannya, Hery berpesan agar acara tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh pegawai dan dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari sehingga dapat tercipta suasana kantor yang ideal untuk membangun komitmen kebersamaan sebagai tim yang handal.

Program In house training yang terselenggara berkat kerja sama Bagian Kepegawaian Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Pusat pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (Pusdiklat PSDM BPPK) tersebut terbagi dalam dua sesi acara.

Sesi pertama diisi oleh narasumber dari Pusdiklat PSDM BPPK Iqbal Islami yang membawakan materi dengan tema “Motivation and Teamwork”. Iqbal menjelaskan bahwa salah satu sifat yang menghambat kinerja sebagai pegawai adalah sifat menunda-nunda pekerjaan. Oleh karena itu, dibutuhkan semangat dan motivasi yang kuat untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau bahkan jauh sebelum waktunya (deadline) sehingga pegawai dapat menyiapkan tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan lain. Namun, motivasi untuk berubah menjadi lebih baik harus merupakan kesadaran yang muncul dari diri sendiri. Ia mengutip statement yang diungkapkan oleh Stephen R. Covey penulis buku The Seven Habits of Highly Effective People bahwa “Motivation is a fire from within. If someone else tries to light that fire under you, chances are it will burn very briefly.”

Acara yang berlangsung meriah dan penuh keakraban juga diisi dengan permainan (game) yang  penuh dengan muatan nilai-nilai motivasi dan kebersamaan (team work) serta mengajak pegawai untuk rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan. Bahkan terdapat permainan yang mengharuskan setiap pegawai menuliskan kelebihan dan kekurangan rekan kerjanya yang mengundang gelak tawa sehingga timbul suasana keakraban diantara pegawai.

Selanjutnya, sesi kedua diisi dengan pemaparan tentang pola mutasi yang disampaikan oleh Feri Romadhon dari bagian Kepegawaian Sekretariat DJKN. Pada sesi ini semua pegawai terlihat antusias, terbukti dari banyaknya pertanyaan dan saran yang disampaikan terkait pola mutasi. Di akhir acara, peserta in house training menyampaikan harapan agar setiap tahun diadakan acara serupa di seluruh KPKNL karena acara tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk memperkuat motivasi kerja, kebersamaan, dan keakraban sesama pegawai KPKNL. Sebagaimana Henry Ford pendiri Ford Motor Company yang menyatakan “Kebersamaan adalah permulaan, menjaga kebersamaan adalah kemajuan, bekerja bersama adalah keberhasilan. (Teks/foto : ginanjar rahayu)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini