Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Cepat selesainya, Optimal Hasilnya
N/a
Selasa, 10 Juni 2014 pukul 11:22:10   |   1127 kali

Bandung - "Cepat selesainya, Optimal Hasilnya," demikian ujar pejabat penjual dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Ruby Maulana. Ruby melontarkan perkataan ini sesaat setelah Pejabat Lelang KPKNL Bandung, Mohamad Akyas menutup lelang inventaris BMN. Pria berkulit putih ini membandingkannya dengan pelaksanaan lelang yang sistem penawarannya dilakukan dengan kehadiran peserta. Atas mekanisme penawaran by email yang masih tergolong baru tersebut, ia memberikan penilaian yang positif. “Pelaksanaan lelangnya cepat karena rekapitulasi penawaran dilakukan oleh aplikasi, dan hasilnya optimal karena peserta yang serius berusaha memberikan penawaran terbaik tanpa takut dipengaruhi peserta lainnya,” tambah Ruby.

KPKNL Bandung melaksanakan lelang Lelang atas 1 unit Sedan Honda City Type Z tahun 2003 milik Pusdiklat Geologi pada Senin, (9/6/2014). Lelang tersebut merupakan lelang melalui email pertama yang menggunakan sistem penawaran tanpa kehadiran peserta. Lelang melalui email menggunakan Aplikasi Lelang Email (ALE) pada alamat domain : https://www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id/. Pejabat Lelang KPKNL Bandung melakukan koordinasi dan meinta pendampingan oleh petugas dari Direktorat Lelang dan Direktorat PKNSI dalam melakukan persiapan dan pelaksanaannya. “Agar proses lelang berjalan sesuai dengan business process yang seharusnya, sehingga akurat dan accountable”, kata pria yang hobi bermain tenis tersebut.

Sementara itu Kepala KPKNL Bandung, Tedy Syandriadi menyampaikan apresiasi kepada Pusdiklat Geologi atas inisiatifnya meminta lelang dengan sistem penawaran by email. Pria humoris tersebut juga menyampaikan terima kasih atas dukungan PT Bank BNI Cabang Bandung JPK dalam pelaksanaan lelang by email dengan pemberian layanan fasilitas virtual account untuk penyetoran uang jaminan dan pelunasannya. Ia menegaskan, “kerja sama yang baik dengan pemohon lelang dan bank mitra KPKNL akan menjadi modal yang sangat baik untuk peningkatan layanan lelang kami”.

Lelang by email merupakan inisiatif strategis Kepala KPKNL Bandung sesuai dengan upaya Kantor Pusat DJKN untuk mempermudah layanan lelang. Untuk lebih memasyarakatkan sistem penawaran lelang by email, direncanakan akan dilakukan sosialisasi oleh KPKNL Bandung terhadap para pemangku kepentingan layanan lelang. (naskah : akyas, foto : budi priyanto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini