Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
DJKN - Stakeholders Berkomitmen Selesaikan Aset IJJDF
N/a
Rabu, 08 Agustus 2012 pukul 11:17:59   |   469 kali

Jayapura – Kantor Wilayah XVII Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jayapura bersama dengan Kantor Pertanahan Kota Jayapura mengadakan pertemuan dengan Kepolisian Daerah (Polda) Papua dalam rangka melakukan koordinasi mengenai aset tanah dan hal-hal lain terkait pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) terutama masalah The Irian Jaya Joint Development Foundation (IJJDF)  pada Kamis, 2 Agustus 2012  di Polda Jayapura.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kanwil XVII DJKN Jayapura Marhokkom Sitompul hadir dengan didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Ahsanul Marom, Kepala Kantor Pertanahan Eko Hery Subyanto, dengan didampingi dua orang kepala seksi serta Wakil Kepala Polda Papua Brigadir Jenderal Polisi Paulus Waterpauw.

Dalam kunjungan ini, dibicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan Pengelolaan Kekayaan Negara, terutama masalah IJJDF yang masih terkait dengan masyarakat adat. Pengelolaan aset tanah yang berada di Papua memang memerlukan penanganan khusus terkait dengan statusnya sebagai daerah otonomi khusus dengan penghormatan terhadap hak milik masyarakat adat. Benturan kepentingan ini memerlukan koordinasi yang lebih baik antar Kantor Pertanahan sebagai penerbit sertipikat hak atas tanah, Polda Papua sebagai aparat penegak hukum, dan DJKN sebagai Pengelola Kekayaan Negara.

Di samping itu, dibahas juga mengenai pengelolaan BMN yang berada di lingkup Polda Papua terutama terkait dengan pemanfaatan dan rencana inventarisasi Aset Barang Milik Asing/Cina (ABMA/C) yang berada di lingkup Polda Papua.

Wakapolda sangat mendukung  penegakan hukum dalam penanganan masalah aset IJJDF dan akan membantu mencarikan solusi alternatif terbaik yang dapat diterima oleh semua pihak. Pertemuan koordinasi ini sangat membantu dalam menjalani komunikasi dan kerja sama lebih lanjut dalam menangani permasalahan seputar BMN. Pertemuan diakhiri dengan komitmen untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dalam membantu penyelesaian aset IJJDF dan pemanfaatan BMN serta kekayaan lainnya, sehingga semua pihak dapat mendapatkan manfaat dari pertemuan ini. (Ragil Anwar- Kanwil jayapura)  

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini