Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Puasa Ramadhan Membentuk Perilaku Muslim Berakhlak dalam Setiap Aktivitas
N/a
Kamis, 09 Agustus 2012 pukul 09:10:18   |   922 kali

Makassar - Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Setiap umat Islam selalu menanti datangnya bulan yang mulia ini karena selain penuh rahmat, juga terdapat ampunan dan pelepasan dari api neraka serta pelipatgandaan segala amal kebaikan oleh Allah SWT. Guna memperoleh keberkahan itu, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar pada Selasa, 31 Juli 2012/14 Ramadhan 1433 H, mengadakan buka puasa bersama dengan seluruh pegawai KPKNL Makassar bersama keluarga, pegawai Kantor Wilayah XV Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil XV DJKN) Makassar, serta mahasiswa/siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada KPKNL Makassar, yang dirangkai dengan shalat Magrib, Isya, Tarawih, dan Witir secara berjamaah.

   

Acara diawali dengan pembukaan oleh panitia yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran dan terjemahannya. Selanjutnya sambutan oleh Kepala KPKNL Makassar Natsir Halim, selaku tuan rumah Natsir mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih pada kepala Kanwil XV DJKN Makassar beserta staf/pegawai dan para undangan yang telah berkenan hadir dalam acara buka puasa. Natsir menyampaikan tujuan acara adalah untuk mempererat silaturahmi sehingga dapat tercipta sinergi yang baik dalam upaya pencapaian target yang telah ditetapkan Kantor Pusat. Puasa juga akan membentuk kita menjadi manusia yang jujur khususnya jujur pada diri sendiri lanjutnya. Hal senada juga disampaikan Kepala Kanwil XV DJKN Makassar Taufik yang berkesempatan memberikan sambutan dalam acara ini. Selain mengucapkan terima kasih atas undangan buka puasa untuk mempererat silaturahmi ini sebagai implementasi dari tujuan puasa untuk menumbuhkan kesalehan sosial dengan berbagi rezeki.

Puasa Ramadhan akan membentuk perilaku muslim yang berakhlak serta melatih pemenuhan kebutuhan rohaniah dan jasmani sesuai porsinya masing-masing. Perbedaan manusia dengan makhluk ciptaan Allah lainnya terletak pada diberinya akal manusia untuk mengendalikan hawa nafsunya. Hal ini penting karena apabila manusia memperturutkan hawa nafsunya maka derajatnya akan lebih rendah dari hewan/binatang. Puasa yang benar adalah puasa yang diimplementasikan di dalam dan di luar bulan Ramadhan. “Setelah berakhirnya Ramadhan seluruh pegawai KPKNL Makasssar dan hadirin diharapkan dalam beraktifitas selalu berkakhlak Ramadhan, tidak berdasarkan nafsu semata sehingga tidak lagi mengambil barang yang bukan miliknya, tidak menerima sesuatu yang bukan haknya termasuk tidak melakukan korupsi,” ujar KH. Abbas Ali Mayo, Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dalam ceramahnya.  

   

Setelah buka puasa dan santap malam bersama, dilanjutkan dengan shalat Isya secara berjama’ah, yang kemudian dilanjutkan dengan shalat Tarwih dan Witir secara berjamaah.  (Ody/KPKNL Makassar)

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini