Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Menuju Penilai DJKN yang Profesional dan Berintegritas
N/a
Senin, 02 Juni 2014 pukul 16:49:06   |   896 kali

Semarang – Direktorat Penilaian menyelenggarakan Workshop Penilaian Sewa yang dilanjutkan quality assurance dan Pembinaan kepada Penilai Internal DJKN di Semarang, Jawa Tengah. Kantor di lingkungan Kanwil DJKN Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah mengikuti workshop pada 20 – 23 Mei 2014 di ruang rapat Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY. Harmaji, Kepala Bagian Umum membuka workshop bertujuan menuju profesionalisme penilai dan menyampaikan harapan peningkatan kemampuan penilai. Harmaji juga berharap tahun 2016 sudah seluruh penilai telah memenuhi standar nilai kompetensi minimum.

Thaufik, Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY menuturkan bahwa acara ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan keahlian, keterampilan dan kemampuan penilai dalam mengidentifikasi, menganalisa dan melakukan penilaian sehingga hasil akhir penilaian dapat dipertanggungjawabkan. Tentu saja sarana lain peningkatan keahlian melalui kursus, pelatihan, sosialisasi, sekolah dan belajar dengan penilai lain tetap harus dikejar. 

Thaufik memberikan arahan agar penilai berhati-hati dalam melakukan penilaian, jangan ada kepentingan pribadi, bekerjalah secara profesional, jangan main-main dengan nilai yang dihasilkan dan jangan beri kesempatan pihak lain untuk mempertanyakan hasil penilaian. Penilai DJKN harus memiliki kemampuan yang mumpuni, berintegritas dan profesional.

Salah satu cara mengukur kemampuan penilai DJKN adalah dengan quality assurance. Selanjutnya Thaufik  berpesan agar penilai yang hadir menularkan hasil workshop dan quality assurance kepada pegawai lainnya di tempat tugasnya. Hingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pada acara workshop, Rachmat Kurniawan, Kepala Seksi Peningkatan Kualitas menyampaikan materi Penilai Pemerintah. Rochmat, Kepala Seksi Standardisasi Penilaian Bisnis II memaparkan Penilaian Sewa tanah untuk Billboard, Penilaian Sewa untuk Menara BTS, Penilaian Sewa Koridor dan Penilaian Sewa Gedung Pertemuan. Para peserta mengikuti acara dengan semangat dan antusias sejak awal hingga akhir dan banyak menyampaikan pertanyaan kepada narasumber.

Di hari berikutnya,  sebelum memulai acara quality assurance  terlebih dahulu narasumber menyampaikan kiat dalam melaksanakan uji kompetensi. Satriotomo  Kepala Sub Direktorat Peningkatan Kualitas Penilai Pemerintah, Bayu Firdaus Kepala Seksi Standardisasi Penilaian Properti Khusus II dan Dwi Rahmanto Kepala Seksi Kaji Ulang Laporan Penilaian menyampaikan materi secara bergantian.  Adapun materi yang disampaikan adalah teori dasar penilaian, peraturan-peraturan di bidang penilaian, pedoman dan format laporan penilaian dan kaji ulang laporan penilaian.

Theo Aloysius Kaparang, Kepala Bidang Penilaian menutup acara workshop. Dengan materi workshop yang sudah diterima oleh peserta dan pelaksanaan quality assurance, diharapkan para penilai internal DJKN dapat bekerja lebih baik dan kemampuannya semakin teruji sehingga akan mempertajam professional adjustment seorang penilai. (Penulis/Foto: Hendro/Mustikhan - Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DIY)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini