Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Terus Dukung Transformasi Kelembagaan
N/a
Senin, 02 Juni 2014 pukul 15:25:50   |   800 kali

Padang Pariaman – Setelah hampir kurang lebih 5-6 jam perjalananan darat, akhirnya rombongan Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) tiba di lokasi tempat diselenggarakannya Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Lembah Anai Resort dan Golf yang berlangsung mulai 21-24 Mei 2014. Perjalanan panjang nan mendaki serta berkelok-kelok  ini, meninggalkan kesan-kesan yang indah dan pengalaman tersendiri.

Kepala Kanwil DJKN RSK Lukman Effendi membuka acara dan menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif serta terobosan baru dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan tugas serta strategi pencapaian target yang lebih dari sekedar pencapaian IKU. “Kegiatan diskusi dalam rakorda nanti untuk melatih kita bagaimana memformulasikan suatu kebijakan sehingga kita bisa membuat penyelesaian secara terstruktur, sehingga kita terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya terprogram. Bagaimana nanti kita berdiskusi, bagaimana mengambil suatu kesimpulan dan sebagainya, tentunya  dengan kaidah-kaidah, mulai dari mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, mencari alternatif dan solusi serta bagaimana menyelesaikannya,” pungkas Lukman.

Untuk mencairkan suasana malam yang semakin dingin dan membangkitkan gairah semangat peserta rakorda, acara dilanjutkan dengan games dan presentasi pemberian motivasi oleh seorang motivator yang telah dihadirkan panitia, yaitu Paljariati Yusral. Saking asyiknya mengikuti dan mendengarkan paparan yang disampaikan, tak terasa acara harus dihentikan karena waktu sudah hampir pukul 24.00 WIB.

Yang lebih menarik dan menantang dari acara rakorda kali ini adalah peserta, baik KPKNL maupun Kanwil  tidak hanya membahas terkait pencapaian target IKU Triwulan I, prognosa, dan evaluasi pelaksanaan tugas serta permasalahannya, namun dalam kegiatan Rakorda kali ini dibentuk komisi-komisi dan pleno yang membahas dan mendiskusikan current issue yang diangkat dari masing-masing bidang di Kanwil. Komisi I membahas current issue terkait “Optimalisasi pelayanan pengelolaan BMN dan pelayanan penilaian”, Komisi II terkait isu “Optimalnya Penatausahaan Dan Pengelolaan Piutang Negara/Daerah dan Terwujudnya Lelang sebagai instrumen jual-beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat” dan Komisi III terkait issue “Optimalnya Budaya Kerja Sesuai Dengan Nilai-nilai Kemenkeu dan optimalnya publikasi DJKN kepada masyarakat luas”.

Semua current issue yang dibahas untuk mendukung terwujudnya Transformasi Kelembagaan di Kementerian Keuangan, khususnya di lingkungan Kanwil DJKN RSK. Selanjutnya, setiap Komisi mulai  menyusun, mengidentifikasi dan mengalisis masalah sesuai current issue masing-masing dengan membuat “pohon masalah” sehingga menghasilkan output berupa action plan dan roadmap  untuk 2-3 tahun ke depan. Acara rapat komisi dan pleno berlangsung mulai pagi sampai sore, malam harinya dilanjutkan dengan paparan target pencapaian IKU oleh masing-masing Kepala KPKNL .

Setelah seharian penuh berdiskusi dan membahas current issue, keesokan paginya seluruh peserta melakukan jalan kaki sejauh ± 1,5 km mendaki dari Lembah Anai sampai ke kaki Bukit Merapi. Sesampainya di atas bukit dan sarapan pagi bersama, acara dilanjutkan dengan pertandingan-pertandingan antara KPKNL dan Kanwil guna membangun sinergi dan rasa kekompakan di antara pegawai. Berbagai macam lomba seperti lomba estafet menggiring balon, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, memasukkan pensil ke dalam botol, lomba bakiak, dan gebuk bantal diikuti seluruh peserta dengan sangat antusias. Gelak tawa, canda, teriakan dan yel-yel semangat menghiasi suasana pertandingan saat itu.

Siang sampai sore harinya, seluruh peserta kembali ke ruang sidang untuk mendengarkan hasil rapat pleno dan butir-butir hasil rakorda oleh ketua panitia. Di akhir penutupan acara, Lukman Effendi menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras teman-teman pegawai di lingkungan Kanwil DJKN RSK selama ini, terlebih setelah mendengarkan hasil pleno dan butir-butir rakorda. Kepala Kanwil menekankan agar hasil rakorda ini segera ditindaklanjuti walaupun dengan kondisi adanya pengurangan DIPA masing – masing kantor. Seluruh jajaran Kanwil DJKN RSK hendaknya tetap menyikapi dengan bijak serta berusaha untuk selalu  berkarya, berinisiatif, dan berinovasi dengan semangat militansi yang tinggi.(Teks/foto : Lilik Hermawan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini