Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Service Excellent, Kunci KPKNL Teladan
N/a
Senin, 19 Mei 2014 pukul 10:43:16   |   1301 kali

Bandung - Service excellent merupakan salah satu nilai Kementerian Keuangan yang dapat diukur dari pelayanan optimal oleh pelaku bisnis dan sebagai benhcmark standar layanan KPKNL teladan. "Pelayanan optimal itu “harus cepat, tepat, aman,” kata Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat Sapto Mintarto (19/05) dalam pembukaan kegiatan Capacity Building dengan tema “Peningkatan Kompetensi Pejabat Eselon IV pada KPKNL Teladan” yang diselenggarakan di Bandung pada 19 - 21 Mei 2014.

Dalam sambutannya, Sapto berpesan bahwa layanan publik adalah isu sentral yang menjadi tuntutan masyarakat kepada abdi negara secara obyektif dan profesional. KPKNL teladan merupakan akronim kantor pelayanan yang tertib, lancar dan amanah. KPKNL teladan harus didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan standart operating procedure layanan yang terukur untuk memberikan pelayanan teknis secara optimal.

Pelayanan optimal harus terus dipantau oleh pejabat Eselon IV yang secara teknis bersentuhan dengan proses bisnis DJKN. Setidaknya suatu kebanggaan bagi DJKN yang telah memiliki 61 KPKNL teladan dari 70 KPKNL di seluruh Indonesia.

"Service excellent tidak hanya diberikan kepada stakeholders saja (pihak eksternal) tetapi juga diberikan kepada internal unit kerja yang bersangkutan," tambahnya. Hal tersebut tidak mungkin tercapai jika pejabat Eselon IV belum memenuhi tiga standar kompetensi yang dijabarkan sebagai berikut :

  1. Kompetensi umum, sebagai antisipasi kebutuhan pelayanan kepada stakeholder (stakeholder focus) yang diberikan secara cepat, tepat dan aman sesuai perkembangan tingkat kebutuhan pelayanan.
  2. Kompetensi inti, merupakan kemampuan manajerial seseorang dalam memimpin orang lain untuk mencapai tujuan organisasi (managing order).
  3. Kompetensi khusus, hal ini menggambarkan kemampuan seseorang untuk mendorong peningkatan kualitas layanan yang tinggi dan profesional sesuai kompetensi yang dimiliki (quality focus).

Pada akhir sambutan, Sapto berpesan kepada peserta kegiatan agar tetap meningkatkan service excellent pada KPKNL masing – masing. Ia mengharapkan kegiatan capacity building ini akan membawa peningkatan pengetahuan mengenai pelayanan prima dan perubahan sikap kepada stakeholder dan internal KPKNL sendiri. Kegiatan capacity building yang diselenggarakan khusus untuk pejabat Eselon IV ini diselenggarakan bekerja sama dengan MARKPLUS Institute dan akan berlangsung selama tiga hari akan menyuguhkan materi antara lain:

1. Service Quality
2. Delivering Good Impression
3. Managing Service Gap
4. Delivering Experiental Service
5. Handling Complain Tehnique
6. Getting Customer Feedback
7. Leadership Foundation
8. Managing People
9. Managing Team Performance
10. Encourage Value

Kegiatan capacity building yang berlangsung di Hotel Ibis Bandung ini nantinya diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas SDM DJKN sehingga mendorong terciptanya service excellent dari setiap pelayanan yang diberikan KPKNL teladan.(Text : Dwinanto, Foto : Okka)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini