Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Forum Diskusi Penilai, Arena Meningkatkan Kualitas Penilai
N/a
Senin, 12 Mei 2014 pukul 16:05:03   |   1418 kali

Makassar - Bidang Penilaian Kanwil Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat mengadakan pertemuan internal dalam sebuah forum diskusi penilai (06/05). Forum diskusi  penilai direncanakan akan diselenggarakan minimal sebulan sekali. Forum diskusi penilai difokuskan pada pembahasan konsep dasar penilaian dan peraturan di Bidang Penilaian melalui try out  quality assurance.

Peserta yang ikut dalam forum diskusi penilai berjumlah 13 pegawai terdiri 5 penilai dan 8 non penilai. Joko Juwianto Kepala Seksi Penilaian II menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas penilai selain diklat, workshop, seminar, uji petik penilaian, dan sejenisnya. Metode dalam forum diskusi ini dengan memberikan peserta pertanyaan atau soal-soal untuk dijawab pada lembar jawaban yang telah disediakan. Kemudian peserta saling menukar lembar jawaban untuk dikoreksi. Pertanyaan yang diberikan dalam try out merupakan panduan bagi peserta untuk mendiskusikan peraturan dengan praktek dilapangan sesuai sudut pandangnya masing-masing dan selanjutnya dibuatkan kesimpulan.

Hal menarik dalam metode ini adalah pada saat pembahasan soal-soal, dimana peserta dapat memberikan tanggapan sesuai dengan sudut pandangnya masing-masing. Sebagai contoh ada pertanyaan,” di bawah ini merupakan objek penilaian BMN, kecuali.....?” pilihannya a. barang yang dibeli atau diperoleh atas beban APBN; b. barang yang diperoleh dari hibah/sumbangan atau sejenisnya; c. barang yang diperoleh sebagai pelaksanaan perjanjian/kontrak; dan d. barang sitaan pajak. Dari empat pilihan tadi, peserta tertarik dengan barang sitaan pajak.

Di sinilah diskusi mulai berkembang dengan muncul berbagai pertanyaan dari peserta forum diskusi, seperti a) apakah penilaian dalam rangka keperluan lelang sitaan pajak merupakan penilaian BMN?, b) Bagaimana asistensinya kalau bukan merupakan penilaian BMN?, c) apakah KPKNL/Kanwil harus mengirim tim yang ditetapkan pengguna Barang atau tidak? d) jenis nilai apa yang dikeluarkan penilai, karena untuk keperluan lelang sitaan pajak? Setiap pilihan jawaban dari pertanyaan dapat menjadi tema baru dan forum diskusi penilai akan menjadi arena untuk meningkatkan kualitas penilai atau non penilai Internal Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Kegiatan dimulai dengan membagikan soal/pertanyaan sebagai try out quality assurance sebanyak 150 soal terkait peraturan dan 60 soal konsep dasar penilaian. Khusus soal konsep dasar penilaian langsung dibahas bersama-sama (tidak dilakukan penilaian) sedangkan 150 soal terkait peraturan harus dikerjakan terlebih dahulu oleh peserta. Berdasarkan hasil try out quality assurance diketahui secara keseluruhan nilai rata-rata 46,05. Untuk Nilai rata-rata yang diperoleh Penilai atau Non Penilai yang berasal dari Bidang Penilaian sebesar 56,93 sedangkan Penilai atau Non Penilai yang berasal diluar Bidang Penilaian sebesar 39,25.

Kondisi ini menunjukkan adanya kesenjangan kompetensi antara Penilai atau Non Penilai pada Bidang Penilaian dan diluar Bidang Penilaian. Melihat hasil try out quality assurance internal Kanwil DJKN Sulseltrabar, maka Bidang penilaian akan berupaya meningkatkan kompetensi melalui kegiatan forum diskusi bulanan, workshop triwulanan, dan In house training setiap 6 bulan sekali. Kemudian soa-soal akan dikembangkan untuk forum diskusi berikutnya dan diharapkan Bidang Penilaian dapat membentuk bank soal terkait penilaian sebagai alat untuk mengukur tingkat kompetensi Penilai Internal Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini