Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Modernisasi untuk Mencapai Hasil Lelang Yang Optimal
N/a
Kamis, 24 April 2014 pukul 11:06:46   |   1338 kali

Purwakarta - Tim Kantor Pusat DJKN yang diwalili Kepala Seksi Bina Lelang II A Agus Yulianto dari Direktorat Lelang dan Kasi Perencanaan dan Pengembangan Sistem Aplikasi II Wirawan Firman Nurcahya dari Direktorat PKNSI mengadakan asistensi dan turorial aplikasi lelang email ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwakarta,  Selasa (22/4). Turut Hadiri dalam sosialiasasi ini Pimpinan Cabang BRI Purwakarta serta perwakilan dari BRI Kanwil Bandung.

Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Purwakarta Adriana Viveryanti yang menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dari Tim Kantor Pusat DJKN untuk melaksankan asistensi dan tutorial aplikasi lelang email. Adriana berharap acara ini dapat bermanfaat dan membantu kinerja seksi lelang dalam mencapai target pelaksanaan lelang email.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 106/PMK.06/2013 tentang Perubahan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 93 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, disebutkan pada pasal 54 dan pasal 54 A bahwa terdapat 2 (dua) metode penawaran lelang yaitu Lisan dan Tertulis. Dalam hal metode penawaran tertulis bisa dihadiri oleh peserta lelang atau tanpa dihadiri peserta lelang (melalui email, internet, tromol pos). Oleh karena itu, perlu adanya modernisasi di bidang lelang agar tujuan lelang untuk mendapatkan nilai maksimal dapat tercapai. Dalam lelang email ini, peserta cukup mengajukan penawaran melalui email dalam Aplikasi Lelang Email (ALE) yang dapat diakses dari internet. Aplikasi tersebut berperan sebagai sarana komunikasi melalui e-mail dan terdiri dari front-end (untuk peserta) dan back-end (untuk pegawai/petugas). Selain itu juga dibutuhkan aplikasi pendukung dari pihak BRI yang dalam hal ini sebagai mitra KPKNL Purwakarta untuk menampung rekening penampungan lelang yaitu aplikasi BRI Cash Management System (CMS).

Sebelum acara ditutup, untuk lebih memahami ALE, Agus Yulianto memberikan simulasi pelaksanaan lelang email dimana petugas yang berperan langsung pada pelaksanaan lelang ini adalah pejabat lelang yang dibantu staf pada seksi pelayanan lelang, bendahara penerimaan serta para peserta lelang yang berasal dari peserta acara tersebut. (Tri Wahyuningsih/Seksi HI KPKNL Purwakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini