Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Serpong Siap Laksanakan Lelang melalui Email
N/a
Selasa, 15 April 2014 pukul 10:11:06   |   1191 kali

Serpong – Tim Kantor Pusat Direktorat jenderal kekayaan Negara (DJKN) yang terdiri dari Direktorat Lelang Agus Yulianto dan Luluk M serta dari Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Wirawan dan Brana Pandega mengadakan asistensi dan tutorial tata cara pelaksanaan lelang email kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) Serpong pada 11 April 2014 di ruang lelang KPKNL Serpong.

Hal ini untuk memenuhi tuntutan kebutuhan di era teknologi dan perlunya modernisasi di bidang  lelang dimana peserta lelang tidak perlu hadir untuk mengikuti lelang, namun cukup mengajukan penawaran lelang melalui surat elektronik (email) sehingga dapat menghemat waktu dan biaya peserta lelang.

Terkait dasar hukum lelang melalui email, telah diterbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 106 Tahun 2013 khususnya pasal 54 dan pasal 54 A yang mengatur hal tersebut.
Hadir dalam pertemuan tersebut, perwakilan dari Kanwil DJKN Banten dan Kantor Pusat PT Bank Mandiri  selaku bank yang memfasilitasi aplikasi sistem pembayaran lelang email.

Pada acara tersebut, dijelaskan secara jelas tahap demi tahap pelaksanaan lelang email dimana diperlukan sarana dan prasarana yang memadai karena pelaksanaan lelang email ini harus berbasis web (web based application), dapat diakses dari internet, adanya komunikasi melalui e-mail dan terdiri dari front-end (untuk peserta) dan back-end (untuk pegawai/petugas). Selain itu, juga dibutuhkan konektivitas yang baik (aplikasi yang dapat mendukung) dari pihak bank tempat KPKNL membuka rekening penampungan lelang. Dalam hal ini, KPKNL Serpong bekerjasama dengan PT Bank Mandiri menggunakan aplikasi Mandiri Cash Management (MCM) sehingga memungkinkan penerapan lelang email ini.

Pada kesempatan tersebut, juga diberikan simulasi pelaksanaan lelang email dimana petugas yang berperan langsung pada pelaksanaan lelang ini adalah pejabat lelang yang dibantu staf pada seksi pelayanan lelang), bendahara penerimaan dan kepala Kantor serta para peserta lelang yang berasal dari audiensi acara pada hari tersebut.

Pada akhir acara, Kepala KPKNL Serpong Sigit Prasetyo Nugroho menyampaikan terima kasih kepada tim kantor pusat atas asistensi dan tutorial yang diberikan dan berharap acara ini dapat bermanfaat serta membantu dalam mencapai target pelaksanaan lelang email dimana KPKNL Serpong memiliki target sebanyak dua kali pelaksanaan lelang.(HI-KPKNL Serpong/edited/bas)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini