Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan yang Dilanjutkan dengan Pisah Sambut Pejabat Eselon IV
N/a
Rabu, 12 Maret 2014 pukul 09:08:25   |   3358 kali

Semarang - Pada 10 Maret 2014 di ruang rapat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diselenggarakan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat eselon IV menindaklanjuti Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor : KEP-05/KN/UP.11/2014  tanggal 24 Pebruari 2014. Sebagai organisasi yang selalu dinamis, mutasi dan promosi adalah hal biasa terjadi di lingkungan DJKN. Dengan pola mutasi yang baik dan teratur diharapkan mutasi dan promosi dapat meningkatkan kualitas dan prestasi bagi para pegawainya. 

Kegiatan  Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara  dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan oleh Thaufik, Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY. Penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan dan pakta integritas  dilakukan secara simbolis oleh perwakilan pejabat eselon IV yang diambil sumpahnya. Dalam amanatnya, Thaufik menyampaikan bahwa pelantikan adalah amanah undang-undang dan merupakan bagian dari pelaksanaan tugas. Sebagai pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan semuanya telah membuat dan menandatangani pakta integritas  bahwa setiap pegawai siap untuk ditempatkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia  ataupun Luar Negeri.  

Setiap mutasi ataupun promosi pasti ada pegawai yang merasa  susah, senang, gembira, ataupun sedih yang kesemuanya merupakan dinamika dalam suatu organisasi. Selanjutnya Kepala Kanwil berpesan agar para pejabat yang dilantik untuk senantiasa mencintai pekerjaan, selalu berkomunikasi, menjalin tali silaturohmi (reliationship) dan segera menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang akan membuat terasa nyaman dimanapun berada, dan dapat menikmati dalam menjalankan tugas. Berbeda dengan pegawai negeri yang lain bahwa  di Kementerian Keuangan setiap kinerja secara individu pegawai selalu dipantau mulai dari absensi sampai dengan apa yang dicapai atau dilakukan pegawai dalam menjalankan tugas, semua diukur dan diawasi secara ketat, hal ini sebagai konsekuensi dari remunerasi yang diterima para pegawai di lingkungan  Kementerian Keuangan khususnya DJKN. Mengakhiri amanatnya kepala kanwil mengucapkan selamat bertugas ditempat yang baru semoga Allah Swt. senantiasa membimbing, membantu, menolong kita semua dalam menjalankan tugas.

Setelah jeda waktu  pelantikan, acara dilanjutkan dengan pisah sambut pejabat eselon IV di lingkungan  Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY. Dalam pengarahannya, Thaufik menyampaikan selamat datang dan bergabung kepada para pejabat eselon IV yang baru dilantik di lingkungan Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY. Bahwa dimanapun kita berada, teman kita adalah lingkungan kita, harus dapat menjalin reliationship dengan baik. Ada filosofi yang dapat dijadikan bahan renungan bersama yaitu pentingnya mengetahui Blind Spot (titik hitam) yaitu hal-hal yang tidak dapat diketahui oleh diri kita sendiri.

Dalam hidup kita butuh seseorang untuk mengawal kehidupan kita sekaligus untuk mengingatkan dan menegur jika kita melakukan  hal yang keliru yang mungkin tidak disadari. Dan hal ini mungkin sekali terjadi di dalam menjalankan tugas sehari-hari. Dalam melakukan pelelangan misalnya mungkin tidak disadari bahwa lelang yang dilakukan mungkin telah melanggar SOP, dengan adanya orang lain yang mengingatkan dan keihlasan dalam menerima kritikan atau masukan dari orang lain tersebut maka jabatan, karier ataupun pegawai dapat diselamatkan. Apa yang diterima harus disyukuri sesuai dengan amanah dan tanggungjawab masing-masing. Kepada pejabat atau pelaksana yang mutasi menyampaikan ucapan selamat bertugas ditempat yang baru.

Selanjutnya disampaikan Capaian IKU Bulan Pebruari 2014 Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY oleh Kepala Bidang KIHI. Dalam uraiannya Fery Gustavip menyampaikan bahwa capaian IKU di Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY rata-rata telah hijau dan sesuai dengan yang diharapkan bahkan melampau target yang ditetapkan sampai bulan Pebruari 2014. Akhirnya acara ditutup dengan doa dan makan siang bersama para pegawai dan Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY. (Teks / foto : Sunarya / Erika,  Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DIY)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini