Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Peran Kanwil DJKN DKI Jakarta untuk Menjadikan Pegawai Kementerian Keuangan Sebagai Role Model Penyampaian SPT Tahunan Melalui e-Filing
N/a
Selasa, 04 Maret 2014 pukul 17:23:56   |   1322 kali

Jakarta - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta melalui bagian umum bersinergi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cempaka Putih menyelenggarakan Sosialisasi Penyampaian SPT PPh Wajib Pajak Pribadi Tahunan Melalui e-Filling bertempat di Aula Pendopo, Jalan Prapatan Nomor 10 Jakarta Pusat pada tanggal 26 Pebruari 2014. Acara dibuka oleh Try Intiaswati Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta. Hadir dalam acara ini kepala bagian umum, para Kepala Bidang Kanwil DJKN DKI Jakarta dan Para Kepala KPKNL di Wilayah Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta.

Mengawali sambutannya, Tri Intiaswati menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan kerja sama Kepala KPP Pratama Cempaka Putih Dwi Astuti beserta staf dalam acara sosialisasi ini. Kakanwil yang cantik dan energik ini memaparkan tentang latar belakang diadakannya sosialisasi ini  yaitu untuk meningkatkan pemanfaatan pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi melalui e-Filing dan menjadikan pegawai Kementerian Keuangan sebagai teladan (role model) dalam penyampaian SPT melalui e-Filing. Lebih lanjut Tri menyampaikan pula tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk menindaklanjuti terobosan dari Direktorat Jenderal Pajak untuk memudahkan pengisian dan penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi.  “Saya harapkan kita dapat memanfaatkan waktu yang baik ini untuk lebih memahami dan mampu menggunakan e-Filing ini dengan sebaik-baiknya, sehingga laporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi yang kita sampaikan melalui e-Filing dapat dilakukan dengan baik dan benar”, pungkas Try.

Usai sambutan dari Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, selanjutnya Kepala KPP Pratama Cempaka Putih Dwi Astuti memberikan pemaparan terkait latar belakang dilaksanakannya e-Filing ini. Bahwa penyampaian SPT Tahunan Wajib pajak ini merupakan IKU Menteri Keuangan, sehingga penyampaian SPT Tahunan Wajib pajak ini menjadi tanggung jawab dan dipantau langsung day by day oleh Menteri Keuangan. Untuk itu, dalam rangka menyukseskan program ini, dilakukan pembinaan di lingkungan Kementerian Keuangan dan  untuk meningkatkan kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan Wajib Pajak Orang Pribadi  untuk mengoptimalkan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan berbasis teknologi informasi (e-Filing).

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan sosialisasi yang disampaikan oleh Yos Demora Sukmayadi selaku Kepala Seksi Pelayanan dan staf KPP Pratama Cempaka Putih. Sesi sosialisasi sekaligus dengan sesi tanya jawab ini berlangsung menarik, interaktif, dan komunikatif. Narasumber menyampaikan video tentang tata cara pengisian dan penyampaian SPT Tahunan. Para peserta tampak fokus dan antusias dalam menyimak materi yang disampaikan dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi sosialisasi. Komunikasi dua arah antara narasumber dengan peserta sosialisasi berlangsung dengan lancar. Pertanyaan-pertanyaan dari peserta sosialisasi dapat dijawab dengan lengkap dan cermat oleh narasumber.

Di akhir sosialisasi, narasumber mengharapkan dengan penyelenggaraan sosialisasi ini dapat memudahkan Wajib Pajak dalam pengisian dan pengiriman SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi melalui e-Filling. Apabila ada kesulitan dan kesalahan dalam pengisian, KPP Pratama Cempaka putih siap membantu sepenuhnya dalam memberikan konseling dan penjelasan.

Kepala Bagian Umum Aceng Machmud, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta dalam penutupan acara menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada narasumber dan para peserta. Dengan bertambahnya pengetahuan dan wawasan akan betapa pentingnya sosialisasi penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, para pegawai dapat mengisi dan mengirim SPT tersebut melalui e-Filling dengan mudah dan benar, sehingga pegawai Kementerian Keuangan dapat menjadi role model penyampaian SPT Tahunan Melalui e-Filing.

(Teks/Foto : Masridha Goiya, Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini