Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPP Pratama Palu Lakukan Sosialisasi E-Filing SPT Tahunan
N/a
Senin, 24 Februari 2014 pukul 17:11:58   |   1134 kali

Palu – Tepat pukul 08.30 WITA, Senin 17 Februari 2014, bertempat di Ruang Rapat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Palu diadakan acara sosialisasi Aplikasi Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan secara Elektorik atau sistem E-Filing oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu kepada seluruh pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Negara (KPKNL) Palu. Sosialisasi ini merupakan kerjasama antara KPKNL Palu dengan KPP Pratama Palu guna menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor 36 Tahun 2013 tentang Himbauan Penyampaian Surat SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi oleh Pegawai Kementerian Keuangan Melalui E-Filing.

Tim sosialisasi KPP Pratama Palu berjumlah tiga orang yang akan melayani proses E-Filing kepada 30 orang pegawai KPKNL Palu, dimana sehari sebelumnya telah melakukan koordinasi pendaftaran Electronic Filing Identification Number (e-FIN) melalui e-mail ke KPP Pratama Palu. Acara dibuka oleh Kasubbag Umum KPKNL Palu, Heru Widiyanto, dilanjutkan sambutan dari Kepala KPKNL Palu Ahsanul Marom. Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Palu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Sosialisasi E-Filing dari KPP Pratama Palu yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk memfasilitasi para pegawai KPKNL Palu dalam mengakses SPT Tahunan Tahun 2013 melalui E-Filing. "Ini sangat membantu kita semua dalam penyampaian SPT secara elektronik, dimana seluruh pegawai akan mempunyai satu konsep pemahaman tentang tata cara pengisian data SPT yang jika terdapat kesalahan/kekeliruan penginputan akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan, karena didampingi langsung oleh Tim dari KPP Pratama Palu,” ungkapnya.

Selanjutnya Tim Sosialisasi KPP Pratama Palu yang dipimpin oleh Abdul Rauf Account Representatif dan didampingi oleh Fitri Yulianti Hafid dan Niluh Sukerti memaparkan beberapa uraian tentang pentingnya diadakan sosialisasi pengisian SPT Tahunan melalui E-Filing, antara lain lebih memudahkan para pegawai untuk dapat menyampaikan SPT Tahunan guna menghindari penumpukan data antrian pada limit waktu yang ditetapkan yaitu pada tanggal 31 Maret 2014. Acara dilanjutkan dengan praktik input data oleh beberapa pegawai KPKNL Palu yang dipandu langsung oleh Tim Sosialisasi KPP Pratama Palu. Dari hasil praktik penginputan data melalui E-Filing, lima pegawai yang berhasil melakukan proses penginputan data SPT masing-masing (Koko Riantoko Nugroho, Evendi Antogia, Sumarno, Hendra Jan Sadarmo Purba, dan Sri Rahaju Karniman) berkesempatan untuk dapat membantu rekan lainnya dalam melakukan penginputan data SPT.  (Naskah : Evendi Antogia/Foto: Dian Vanez)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini