Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Geliat Lelang Pemda di Bumi Madura
N/a
Senin, 17 Februari 2014 pukul 11:30:47   |   1148 kali

Bangkalan - Bertempat di Aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangkalan Jalan Soekarno Hatta No. 35 A Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan sukses melaksanakan Lelang Noneksekusi Wajib Barang Milik Daerah berupa 18 (delapan belas) unit Kendaraan Bermotor Roda Dua dan 1 (satu) paket Barang Inventaris pada 14 Februari 2014 atas permintaan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan. Sebelum dimulainya lelang, diadakan terlebih dahulu pendaftaran peserta atau registrasi bagi para peserta lelang.

Lelang dimulai pukul 10.20 WIB, dipimpin oleh Pejabat Lelang Kelas I Fredy Himawanto dan didampingi oleh  Reydo Kuswurniawan sebagai asistennya. Lelang diawali dengan sambutan oleh Kepala Bappeda Bangkalan (penjual) dan dilanjutkan dengan pembacaan ketentuan-ketentuan terkait lelang, serta penawaran lelang.

Dalam pelaksanaan penawaran lelang tersebut, semua barang yang ditawarkan kepada para peserta lelang laku terjual melampaui harga limit dan bea lelang yang diperoleh disetorkan ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Meskipun penerimaan PNBP tersebut tidak terlalu besar, setidaknya dapat memberikan kontribusi bagi Negara sekaligus membantu pencapaian target bea lelang dan pokok lelang di KPKNL Pamekasan.

Lelang Noneksekusi Wajib Barang Milik Daerah di Pemda Kabupaten Bangkalan ini  merupakan lelang pertama yang berasal dari Pemda dari semua pemda yang ada di Pulau Madura dan ini merupakan buah manis dari upaya penggalian potensi lelang yang dilakukan oleh seksi Pelayanan Lelang KPKNL Pamekasan selama tahun 2013. “Pemda Bangkalan selangkah lebih maju dibandingkan pemda yang lain dalam hal menggunakan jasa lelang untuk penghapusan Barang Milik Daerah” ucap Fredy di sela-sela selesainya lelang tersebut. Dengan dilaksanakannya lelang Barang Milik Daerah di Pemda Bangkalan ini diharapkan ke depannya pemda lain di wilayah Madura dapat mengikuti jejak Pemda Bangkalan untuk menggunakan jasa lelang dalam penghapusan barang inventarisnya. (Tulisan dan foto : Heryan Wibowo- Pelaksana Hukum dan Informasi KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini