Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Evaluasi dan Rencana Kinerja Tahunan
N/a
Kamis, 06 Februari 2014 pukul 06:35:12   |   1813 kali

Banjarbaru - Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Tengah (Kanwil DJKN Kaselteng) mengadakan Evaluasi kegiatan dipimpin langsung Kepala Bagian Umum Didith A. Andiana, diawal pembukaan Kepala Bagian umum menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh staf bagian umum yang telah bekerja dengan baik dan optimal di tahun 2013 dilanjutkan pemaparan evaluasi kegiatan tahun 2013 serta rencana kinerja tahun 2014.

Evaluasi di subbagian keuangan diantaranya tentang penyerapan anggaran di tahun 2013 dimana belanja barang terealisasi sebesar 91,87%, Belanja pegawai sebesar 95,59%, dan belanja modal sebesar 93,43%, dari total pagu anggaran kanwil DJKN kalselteng total realisasi belanja pegawai, barang, dan modal sebesar 93,94%. Presentase tersebut masih belum mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) penyerapan tahun 2013 yaitu sebesar 95% untuk total keseluruhan belanja. Walaupun belum mencapai target IKU namun pencapaian tersebut merupakan usaha maksimal dari seluruh staf di bagian umum di bawah kepemimpinan Kepala bagian Umum yang baru menempati jabatan di awal semester 2 Tahun 2013.  Namun pencapaian tersebut telah melebihi target yang ditetapkan untuk semester 2 tahun 2013. Untuk tahun anggaran 2014 target penyerapan anggaran masih sama dengan tahun 2013, namun diharapkan di tahun 2014 dapat ditingkatkan lagi agar bisa mencapai target penyerapan anggaran yang ditetapkan dalam IKU, hal ini menjadi tantangan bagi subbagian keuangan agar target tersebut dapat tercapai di akhir tahun 2014.

Diharapkan target penyerapan anggaran 2014 bisa melebihi target yang ditetapkan yaitu 95%, agar target dapat tercapai maka diminta kepada bidang-bidang agar segera menyusun rencana kegiatan setiap triwulan minimal sampai dengan semester I TA 2014 dan segera untuk melaksanakannya agar realisasi belanja dapat tercapai sesuai target setiap triwulannya sekaligus menghindari belanja menumpuk di triwulan terakhir tahun anggaran 2014. Selain itu subbagian keuangan juga diberikan target oleh Kepala Kanwil agar melakukan revisi DIPA maksimal hanya 2 (dua) kali dalam setahun, hal ini bertujuan untuk menyesuaikan perencanaan yang telah disusun melalui Term of reference (TOR) dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) pada saat penyusunan RKAKL dengan pelaksanaannya di lapangan agar tidak melenceng terlalu jauh dari rencana awal yang ditetapkan dalam TOR. 

Evaluasi di subbagian kepegawaian di tahun 2013 yaitu bahwa ada beberapa Kenaikan Gaji Berkala pegawai baik di Kanwil maupun di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) yang sedikit terlambat, hal ini diharapkan tidak terjadi lagi di tahun 2014, dari sisi disiplin pegawai juga masih harus ditingkatkan lagi di tahun 2014. Subbagian kepegawaian agar melakukan sosialisasi kepada semua pegawai tentang hak dan kewajiban pegawai seperti kenaikan pangkat, cuti , DP3, kenaikan gaji berkala dan hak-hak kepegawaian lainnya secara rutin karena sebagian pegawai masih belum mengetahui secara detail tentang hak-hak kepegawaiannya.

Sementara di subbagian tata usaha dan rumah tangga yang menjadi evaluasi adalah tentang kinerja Sumber Daya Manusia Penunjang yang masih belum memuaskan dan perlu dilakukan banyak pembinaan baik bimbingan dan arahan serta pembagian tupoksi yang masih belum bisa dilaksanakan dengan baik, pengaturan ruangan di kantor agar menjadi lebih tertata dan lebih nyaman juga menjadi bahan evaluasi agar ditahun 2014 kantor menjadi lebih nyaman untuk bekerja. Kepala bagian umum juga mengingatkan untuk bisa  mengoptimalkan belanja modal tahun 2014 agar dapat terealisasi maksimal dengan harga yang kompeten dan dapat dipertanggungjawabkan. Target belanja barang dan modal agar bisa tercapai maka harus melakukan penyusunan rencana pengadaan terutama belanja modal yang ditargetkan sudah terealisasi sebelum triwulan I berakhir, belanja barang juga harus disusun rencana realisasinya khusunya untuk belanja dibagian umum sendiri untuk operasional perkantoran dan pemeliharaan baik gedung dan bangunan maupun peralatan dan mesin, serta tidak lupa agar segera menyusun SOP untuk SDM Penunjang yang kinerjanya masih perlu ditingkatkan lagi di tahun 2014 serta dilakukan pembinaan rutin sebulan atau dua bulan sekali sekaligus evaluasi kinerja yang telah dilakukan.

Kepala bagian umum juga menghimbau kepada semua staf untuk meningkatkan pelayanan agar lebih cepat, tepat, dan akurat dengan cara mencatat semua kejadian penting yang terjadi di lingkungan kantor kemudian melaporkan kepada kasubbag yang berkompeten untuk didiskusikan dan mencari solusi dari permasalahan yang ada,  sehingga masalah dapat diatasi dengan cepat yang berdampak meningkatnya kualitas pelayanan bagian umum

Di akhir rapat kepala bagian umum menegaskan bahwa bagian umum adalah merupakan penopang seluruh kegiatan di kantor yang dilakukan semua bidang, Oleh karena itu ditahun 2014 agar semua staf dan pejabat dibagian umum agar bekerja lebih baik dan optimal dalam memberikan pelayanan terhadap pengguna dalam hal ini seluruh pegawai Kanwil DJKN Kalselteng serta meminimaliisir komplain terhadap kinerja di masing-masing subbag di bagian umum. Dengan niat baik, langkah tulus dan kerja keras untuk memperbaiki pelayanan serta bersinergi antar semua staf dan pejabat di bagian umum diharapkan semua target yang ditetapkan ditahun 2014 dapat tercapai demi kemajuan Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah. (Arif Eko Prasetyo)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini