Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
PNS seperti Matahari
N/a
Senin, 20 Januari 2014 pukul 14:31:16   |   937 kali

Makassar – Fenomena yang terjadi dimasyarakat saat ini adalah adanya kecenderungan  masyarakat mengharapkan perhatian yang lebih dari pemerintah serta adanya kesan bahwa para pejabat Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu senantiasa minta dilayani. Terhadap fenomena tersebut PNS sebagai bagian dari pemerintah harus memberi respon cepat dan baik. PNS khususnya yang ada di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN Sulseltrabar) mesti memiliki sifat seperti matahari yang senantiasa menyinari bumi tanpa mengharapkan imbalan untuk menjamin kelangsungan hidup dibumi Jadi Pegawai DJKN harus senantiasa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat/stakeholders, tanpa perlu adanya imbalan.

Demikian diungkapkan Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Ngakan Putu Tagel saat memberikan sambutan pada acara morning call yang dirangkai dengan acara serah terima jabatan Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN Sulseltrabar dari Chairiah kepada Lucillus Wenang Cailendra Hidajat di Aula A’ Bulo Sibatang pada hari Kamis (9/1). Acara serah terima ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari keluarnya Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 1122/KM.1/UP.11/2013  tentang Mutasi para Pejabat Eselon III di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Lebih lanjut Mantan Kakanwil Suluttenggomalut ini menyampaikan bahwa para pejabat khususnya yang ada di Kanwil DJKN Sulseltrabar harus memiliki tiga hal dalam melaksanakan tugasnya yaitu pertama para pejabat hendaknya memberi contoh yang baik kepada bawahannya, baik disaat kedinasan maupun diluar kedinasan, kedua menjadi motivator yang baik kepada bawahannya, hendaknya para pejabat senantiasa mendorong dan memberi semangat kepada bawahannya untuk terus maju dan mengembangkan diri demi kemajuan organisasi. Ketiga seorang pejabat harus memiliki kecerdasan yang tinggi, memiliki kecerdasan formal seperti tingkat pendidikan yang tinggi, kecerdasan emosional seperti peka terhadap lingkungan disekitarnya, dan kecerdasan spiritual seperti senantiasa menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan menurut agama dan keyakinan yang dimilikinya.

Kakanwil DJKN Sulseltrabar mengharapkan agar para pegawai khususnya para pejabat untuk senantiasa memperhatikan target/Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dimiliki. Dalam pencapaian IKU tidak ada kata tawar menawar, pencapaian IKU harus hijau. Oleh karena itu diminta kepada seluruh pegawai  untuk senatiasa berpartisipasi agar pencapaian IKU ditahun ini tetap berwarna hijau.

Di tempat yang sama, Kepala KPKNL Makassar yang baru dilantik, Chairiah mengungkapkan bahwa selama empat tahun bekerja di Kanwil DJKN Sulseltrabar kesan mendalam dirasakan adalah rasa kebersamaan  dan perhatian baik yang dimiliki oleh semua pegawai  sehingga pekerjaan besar dan berat sekalipun dapat diselesaikan dengan baik. Mantan Kabid KIHI  ini berharap agar Nilai-Nilai Kementerian Keuangan tetap dijaga dan dipertahankan serta lima budaya Kemenkeu yaitu satu informasi setiap hari, dua menit sebelum acara, tiga salam setiap hari, empat tindakan yakni rencanakan, laksanakan, monitoring dan tindaklanjuti, lima R yaitu resik, rajin rawat rapih, ringkas juga tetap dijalankan.

Kabid KIHI yang baru dilantik Lucillus Wenang Cailendra Hidajat mengungkapkan rasa gembira dan bahagianya karena dapat bergabung dengan Kanwil DJKN Sulseltrabar dan mengharapkan dukungan dari Kakanwil dan para pegawai agar tugas yang diembankan kepadanya dapat diemban dan dilaksanakan dengan baik seperti yang diamanahkan oleh Kantor Pusat DJKN. Aamiin…. (Teks dan foto oleh asdarsahlin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini