Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Kementerian Keuangan Raih Penghargaan Stan Terbaik Ke-1 dari KPK
N/a
Jum'at, 27 Desember 2013 pukul 12:44:37   |   968 kali

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara bertajuk Pekan Antikorupsi pada 9-11 Desember 2013 di Istora Senayan Jakarta. Acara yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh pada 9 Desember turut dimeriahkan oleh lebih dari seratus stan yang mengusung tema antikorupsi. Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi secara tidak langsung kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam memerangi korupsi.

Kementerian Keuangan ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara Pekan Antikorupsi dengan membuka stan khusus yg merupakan gabungan dari seluruh unit eselon I yang berada di bawahnya. Pada kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, Kementerian Keuangan menampilkan satu stan indoor (ukuran 3 x 15 m2) dan dua stan outdoor, yaitu miniatur dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mobile serta minatur dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Mobile.

Di samping itu, Kementerian Keuangan juga berpartisipasi dalam talkshow kanal KPK bertema ”Mencegah dengan Berbuat” pada hari pertama dengan pembicara Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan K.A. Badaruddin, atraksi K-9 Unit Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), talkshow sosialisasi pelaksanaan lelang barang gratifikasi  pada hari kedua, dan pelaksanaan lelang barang gratifikasi pada hari ketiga yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Pada puncak acara, DJKN berhasil melelang 74 barang gratifikasi KPK dengan nilai total Rp72.280.000,- pada 11 Desember 2013.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, dalam tiga hari pelaksanaan acara, jumlah pengunjung yang hadir di stan Kementerian Keuangan berjumlah kurang lebih 500 orang setiap harinya. Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat yang tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tugas dan fungsi masing-masing unit eselon I yang berada di bawah Kementerian Keuangan. Apalagi di stan Kementerian Keuangan dipajang barang-barang gratifikasi hasil sitaan KPK yang akan dilelang pada hari terakhir acara. Hal ini semakin menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke stan Kementerian Keuangan.

Kementerian Keuangan berhasil meraih penghargaan sebagai Instansi Pelapor Gratifikasi Terbanyak Tahun 2013 dan penghargaan sebagai Stan Terbaik Ke-1 (Satu), mengungguli Bank Mandiri di posisi kedua dan Kompas di posisi ketiga. Sebagai ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dalam mensukseskan acara pameran, pada Selasa, 20 Desember 2013, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) Kementerian Keuangan Charmeida Tjokrosuwarno menyampaikan Duplikat Piagam Penghargaan dari KPK kepada masing-masing unit eselon I, termasuk DJKN dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V. Keikutsertaan Kementerian Keuangan dalam kegiatan Pekan Anti Korupsi 2013 yang diselenggarakan oleh KPK ini sebagai salah satu ajang untuk turut mengkampanyekan nilai-nilai antikorupsi kepada masyarakat dan mensosialisasikan apa yang telah dilakukan oleh Kementerian Keuangan mendukung Indonesia yang bebas korupsi. (Achie – Humas DJKN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini