Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
Berikan Kuliah Umum di Unpad
N/a
Kamis, 28 November 2013 pukul 12:21:34   |   1417 kali

Bandung - Bertempat di  lantai 3 Kampus Cimandiri, sekitar 125 orang mahasiswa Magister Kenotariatan Universitas Padjadjaran terlihat antusias mengikuti kuliah umum pada Senin, 25 Nopember 2013. Hari itu memang dijadwalkan pelaksanaan kuliah umum Lelang dengan pemateri Kepala Seksi Pelayanan Lelang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung, Mohamad Akyas, SH.,MM. Kuliah Umum dimaksud merupakan kerja sama antara Magister Kenotariatan dengan KPKNL Bandung dalam rangka memberikan gambaran praktis dunia lelang kepada mahasiswa.

Dalam kesempatan pemberian kuliah umumnya, Mohamad Akyas yang juga alumnus Fakultas Hukum Universitas Padjadajarn 2002 menyampaikan materi yang diberi judul “PEMBAHARUAN LELANG, SUATU UPAYA PENINGKATAN PERANAN DAN PELAYANAN LELANG DALAM PEMBANGUNAN INDONESIA”. Dari alokasi waktu 90 menit, 45 menit pertama dimanfaatkan untuk menguraikan mengenai hal-hal umum lelang seperti sejarah unit lelang, pengertian, fungsi, jenis-jenis lelang, berikut kendala-kendala dan upaya pembaharuan yang dilakukan dalam pelaksanaan lelang. Terkait upaya pembaharuan regulasi, disampaikan mengenai 13 materi pokok yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 106/PMK.06/2013 sebagai perubahan atas PMK Nomor 93/PMK.05/2010.  Pembaharuan lainnya adalah upaya pengamanan (securing) dengan pencetakan kutipan risalah lelang menggunakan security paper serta penyederhanaan materi dan muatan risalah lelang (simplifying).

Selesai pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh para mahasiswa dengan saling berebut untuk mengajukan pertanyaan. Dari 10 pertanyaan yang diajukan, umumnya berkisar pada praktik pelaksanaan lelang hak tanggungan, baik parate executie sesuai Pasal 6 UUHT maupun dengan fiat eksekusi Ketua Pengadilan Negeri, serta metode penentuan nilai limit. Di antara berbagai pertanyaan, terdapat 1 penanya yang memberikan pertanyaan menggelitik yaitu mengenai belum adanya undang-undang lelang padahal melihat perkembangan lelang sekarang yang sangat kompleks. Penanya membandingkannya dengan hal-hal mengenai kepanduan juga telah diatur dalam undang-undang tersendiri. Menjawab pertanyaan itu, pemateri yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Jakarta III menyampaikan penjelasan bahwa rancangan undang-undang lelang sudah sampai di pihak legislatif untuk menunggu pembahasan antara eksekutif dengan legislatif.

Antusiasme mahasiswa yang tinggi menyebabkan waktu terasa berjalan sangat cepat sehingga jadwal perkuliahan yang seharusnya berakhir pada jam 11.30 ternyata baru bisa diakhiri pada jam 12.00 WIB. Setelah acara kuliah berakhir dilakukan penyerahan cendera mata oleh Ketua Angkatan Mahasiswa Magister Kenotariatan dengan disaksikan oleh Dosen Mata Kuliah Hukum Pajak yaitu Dr. Dewi Kania, SH.,MH. dan  Tommy Prayogo, SH.,MH. Salah satu mahasiswa yang dimintai tanggapan atas kuliah umum hari itu, Chika, mengatakan bahwa kuliah umum lelang yang diselenggarakan sangat bagus dan bisa memberikan pengayaan dan wawasan mahasiswa akan aspek-aspek lelang sehingga dapat menjawab keingintahuan mahasiswa mengenai lelang dalam praktik. Mewakili KPKNL Bandung, Mohamad Akyas menyampaikan terima kasih kepada Ketua Program Magister Kenotariatan, Dr. Zainal Muttaqin, SH.,MH., atas kesempatan dan kerja sama pemberian kuliah umum dan mempersilahkan apabila ada mahasiswa yang berminat meyusun tugas akhir tesis mengenai lelang. (Penulis : Mohamad Akyas, foto : Valen).

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini