Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Singaraja Lelang Aset Pemda Karangasem Senilai Rp91,558 Juta
N/a
Senin, 18 November 2013 pukul 11:12:50   |   1046 kali

Karangasem – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) Singaraja untuk kesekian kalinya melaksanakan Lelang Barang Milik Daerah (BMD) milik Pemerintah Daerah Karangasem berupa delapan unit kendaraan bermotor roda empat dan 51 unit kendaraan roda dua sehingga seluruhnya berjumlah 59 unit kendaraan bermotor pada 12 November 2013 di Aula Kantor Bupati Kabupaten Karangasen, Jalan Ngurah Rai Nomor 31 Amlapura.

Dengan dipimpin oleh Supiyanta Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Singaraja yang bertindak selaku pelabat lelang memandu kegiatan tersebut. Namun sebelum lelang dilaksanakan, acara dibuka terlebih dahulu oleh Kepala Bagian Perlengkapan Pemda Kabupaten Karangasem yang sekaligus bertindak sebagai pejabat penjual I Nyoman Dani. Pelaksanaan lelang berlangsung dengan tertib dan lancar yang diikuti oleh 91 peserta lelang. Hal ini didukung oleh tempat pelaksanaan lelang yang nyaman dan memadai serta penjelasan/ pengarahan dari pejabat lelang sebelum lelang dilaksanakan.

Dengan gayanya yang khas, Supiyanta dapat memandu pelaksanaan lelang tersebut dan berhasil mencapai nilai penjualan yang tinggi serta melebihi target limit yaitu dengan kenaikan sebesar 244,33 %. Adapun nilai limit terhadap keseluruhan barang yang akan dilelang sebasar Rp26.590.350,00 dan berhasil terjual dengan harga sebesar Rp91.558.000,00.

Hal ini sangat menggembirakan dan memuaskan bagi para pihak yang terlibat dalam pelaksanaan lelang tersebut. Terlebih lagi, bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem yang dapat menambah kas daerah Kabupaten Karangasem dan memberikan kontribusi kepada negara yang disetorkan ke kas negara berupa bea lelang pembeli sebesar  Rp1.831.160,00. Dalam hal ini, KPKNL Singaraja juga merasa puas karena telah dapat melayani pemerintah Kabupaten Karangasen dengan baik.

Pada setiap kesempatan, Kepala KPKNL Singaraja Indera Widajanto selalu menghimbau dan menekankan agar KPKNL Singaraja memberikan pelayanan yang terbaik sesuai harapan Menteri Keuangan dalam sambutannya yang dibacakan pada peringatan hari oeang ke 67 dan masih terngiang di telinga para pegawai Kementerian Keuangan, yang tertulis di beberapa alinea bahwa dengan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yang sudah dimaknai dan dijalankan oleh setiap pegawai, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi,  pelayanan, dan kesempurnaan, maka kita patut optimis bahwa transformasi kelembagaan di Kementerian Keuangan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Lelang ini dilakukan karena melaksanakan lelang adalah salah satu tugas KPKNL sebagai Kantor operasional di daerah yang melayani pengguna jasa lelang yang berada di wilayah kerja KPKNL Singaraja. Pemerintah daerah Kabupaten Karangasem dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 bahwa BMD yang akan dihapuskan dari daftar BMD yang masih mempunyai nilai ekonomis dapat dilakukan melalui pelelangan umum/pelelangan terbatas atau disumbangkan/dihibahkan kepada pihal lain. Dengan adanya koordinasi yang baik,  guna mendukung kelancaran tupoksi pelayanan dan fungsi budgeter dalam pemanfaatan aset untuk memberikan kontribusi penerimaan bagi negara, Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem melalukan penjualan BMD yang masih mempunyai nilai ekonomis tersebut dengan mengajukan surat permohonan lelang secara tertulis kepada KPKNL Singaraja. (Sukanari/Supiyanta/Idi Muamar)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini