Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berita DJKN
KPKNL Purwokerto Selenggarakan Kegiatan Donor Darah
N/a
Rabu, 30 Oktober 2013 pukul 10:49:30   |   840 kali

Purwokerto - Dalam rangka menyambut hari Oeang ke-67, pada 23 Oktober 2013 bertempat di Aula KPKNL Purwokerto diselenggarakan acara kegiatan donor darah. Kegiatan tersebut diadakan oleh Perwakilan Kementerian Keuangan Karesidenan Banyumas bekerjasama dengan Unit Pelayanan Mobile Donor Darah PMI Kabupaten Banyumas. 

Berdasarkan daftar calon peserta donor darah yang masuk ke panitia direncanakan sebanyak 45 orang pegawai Kementerian Keuangan terdiri dari 2 orang calon peserta dari KPPN Prima Purwokerto, 9 orang calon peserta dari KPP Pratama Purwokerto, 9 orang calon peserta KPP Pratama Purbalingga, 21 orang calon peserta dari KPKNL Purwokerto dan 4 orang peserta dari KPP Bea dan Cukai Purwokerto akan menyumbangkan darahnya sebagai bentuk perwujudan nilai-nilai luhur Kementerian Keuangan.

Asep Prasetyo, karyawan PMI Cabang Banyumas menyatakan bahwa untuk dapat diambil darahnya, pendonor darah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun, berat badan minimal 45 kg, tidak boleh minum obat selama 1 X 24 jam, tidak dalam keadaan sakit, selama 6 bulan terakhir tidak ke luar negeri, bagi para wanita tidak sedang haid dalam 1 minggu terakhir, tidak sedang hamil atau menyusui.  Hal tersebut menurut Asep merupakan aturan baku seluruh dunia atas rekomendasi (World Health Organization) WHO, untuk itu para calon peserta diwajibkan mengisi formulir yang antara lain berisikan pernyataan mengenai hal-hal tersebut diatas dan dilakukan pemeriksaan tekanan darah (tensi) dan Hb dalam darah sebelum diambil darahnya.

 

 

Tidak ada target untuk pengambilan darah akan tetapi jika melihat sisi kebutuhan, dalam 1 (satu) hari rata-rata PMI Cabang Purwokerto melayani permintaan darah sebanyak 140 kantong darah, sementara maksimal pengambilan darah dari Pendonor diperkirakan hanya 90 kantong darah sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan darah walaupun persedian darah dengan golongan darah B dinyatakan telah berlebih.  Demikian penjelasan Arum yang juga karyawan PMI Cabang Purwokerto.

Edy Suyanto, Kepala KPKNL Purwokerto yang juga menjadi Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Karesidenan Banyumas sekaligus Ketua Panitia Acara Hari Oeang ke-67 mengharapkan kegiatan-kegiatan yang selenggarakan oleh Perwakilan Kementerian Keuangan Kabupaten Banyumas dapat lebih meningkatkan sinergi dan integeritas dalam menanamkan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan di lingkungan Satuan Kerja Kementerian Keuangan khususnya di wilayah Karesidenan Banyumas.  Selain kegiatan donor darah dilaksanakan pula kegiatan Jalan Sehat, Senam Aerobik, Anjangsana ke Panti Asuhan dan Upacara memperingati Hari Oeang ke-67.

Acara Jalan Sehat telah diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 25 Oktober 2013 mengambil Start dari KP Bea dan Cukai Purwokerto dan Finish di KPP Pratama Purwokerto.    Pada acara yang dilepas oleh Edy tersebut, Kepala Bagian Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Martono mewakili Sekretaris Jenderal berkenan hadir dan mengikuti rangkaian acara Jalan Sehat bersama dengan seluruh jajaran Perwakilan Kementerian Keuangan Karesidenan Banyumas, perwakilan dari BI, BRI, BTN, BTPN, RRI dan PT. Taspen (Persero).  Acara Jalan Sehat tersebut dilanjutkan dengan Senam Aerobik bersama di lapangan KPP Pratama Purwokerto dimeriahkan dengan pembagian doorprize untuk para peserta yang beruntung.

 

Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka peringatan hari Oeang yang ke- 67 direncanakan akan diselenggarakan di Lapangan KPPN Purwokerto serentak pada Rabu, 30 Oktober dilanjutkan dengan kegiatan anjangsana ke Panti Asuhan Al Khoirot di Ds. Majasari, Kec. Bukateja, Kab. Purbalingga dan Darul Istiqomah di Ds. Babakan, Kec. Kalimanah, Kab. Purbalingga. (Agustina-Astika/KPKNL Purwokerto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini